Menteri Pertanian Malaysia Tertarik Keberhasilan Pertanian Di Kabupaten Serang

SINARBANTEN.COM, Serang – Di Provinsi Banten, ada empat Kabupaten yang menjadi lumbung pangan yakni Kabupaten Tangerang, Lebak, Pandeglang, dan Serang. Kabupaten Serang termasuk kabupaten yang berhasil mengembangkan pertanian padi, kedelai, dan integrasi dengan peternakan.

Keberhasilan kabupaten Serang ini tidak terlepas dari kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang dibantu oleh ahli pertanian Profesor Ali Zum Masyar dalam pengembangan bidang pangan.

Keberhasilan kabupaten Serang ini juga mengundang perhatian Pemerintah Malaysia. Sehingga secara khusus Menteri Pertanian dan Keterjaminan Makanan Malaysia Datuk Sri Haji Mohamad bin Sabu mengunjungi langsung Pusat Penelitian Pengembangan dan Penerapan Bioteknologi Agrowisata Edutainment Serang di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Minggu (19/3/2023).

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan ahli pertanian Profesor Ali Zum Masyar.

Menurut Tatu, potensi pertanian dan pariwisata di wilayahnya cukup potensial. Salah satu yang telah terbukti dikembangkan di area pertanian Kabupaten Serang, adalah varietas kedelai Migo Ratu Serang. Hasil kerja sama dengan Profesor Ali Zum Masyar.

“Kedelai varietas Migo Ratu sedang dikembangkan secara optimal dan menjadi program prioritas kami. Apalagi seperti kita tahu. Indonesia dikenal sebagai produsen tahu dan tempe, sangat ironis jika makanan utama kedelai dapat dari impor,” katanya.

Tatu berpendapat, kualitas kedelai lokal Kabupaten Serang. Hasil uji coba varietas Migo Ratu Serang, mampu menghasilkan hingga 6,5 ton kedelai per haktare.

“Saya berharap, setelah pertemuan ini akan ada kerja sama bidang pertanian antar Pemkab Serang dengan Pemerintah Malaysia. Di kabupaten Serang ada lahan sawah seluas 57 ribu hektare dan perkebunan 8 ribu hektare yang bisa dimanfaatkan,” harapnya.

Usai kunjungan kerja tersebut, Tatu mengajak rombongan Menteri Malaysia untuk berwisata ke pantai Anyar-Cinangka sebagai tempat liburan bersama keluarga. *[ Redaksi SB ]🙏🙏