Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali Dibatalkan Oleh FIFA

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Direncanakan pada tanggal 31 Maret 2023, Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar, akhirnya batal dilakukan. Kepastian ini disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dalam konferensi pers di GBK Arena, Minggu (26/3/2023).

Pesan pembatalan dari FIFA ini langsung disampaikan secara lisan kepada Ketum PSSI sekaligus Ketua LOC (panitia lokal) Erick Thohir.

Apa sebenarnya penyebab pembatalan tersebut? Pembatalan ini tak lepas dari gelombang penolakan terhadap keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 mendatang. Sebab drawing mendatang memang idealnya dihadiri oleh semua peserta, tapi Israel tak bisa datang karena penolakan tersebut.

“Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA, ke LOC, dalam pemberitahuan belum ada surat resmi tapi sudah jelas bahwa drawing telah dibatalkan FIFA. Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA,” kata Arya Sinulingga.

“Memang kami belum dapat surat resmi dari FIFA. Tapi pesannya jelas bahwa dibatalkan. Ini kami maklumi karena adanya penolakan dari Gubernur Bali (I Wayan Koster) yang menolak kedatangan Israel. Sehingga drawing tidak mungkin dilakukan tanpa keikutsertaan seluruh peserta,” ujarnya menambahkan.

Sikap penolakan ini sangat disayangkan mengingat sudah ada komitmen dari semua pihak terkait Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Termasuk Israel yang seharusnya sudah menjadi bagian komitmen semua pihak untuk diterima.

“Ketika sepakat dan setuju sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20, sebenarnya Gubernur Bali sudah memberikan government guarantee. Jadi wajar kalau FIFA akhirnya melihat ini harus dibatalkan,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏