Akhirnya Pemerintah Naikkan Harga BBM Mulai Hari Ini Pukul 14.30 WIB

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Akhirnya pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai hari ini (Sabtu) pukul 14.30 WIB.

Berikut rincian kenaikan harga BBM yang diumumkan pemerintah:

  1. Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter
  2. Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter
  3. Harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter

Menurut Presiden Joko Widodo, keputusan pemerintah menaikkan harga atau mengalihkan subsidi BBM merupakan pilihan terkahir yang diambil. Keputusan itu dibuat pemerintah dalam situasi yang sulit akibat gejolak harga minyak dunia.

“Saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terkahir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM,” kata Jokowi dalam konferensi pers, Sabtu (3/9/2022).

Jokowi mengatakan, pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak tersebut supaya harga BBM di tanah air masih terjangkau.

Namun, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah membengkak tiga kali lipat dari Rp 502,4 triliun dan angka tersebut bakal terus meningkat.

Selain itu, lebih dari 70 persen subsidi BBM justru dinikmati oleh golongan masyarakat mampu, yakni para pemilik mobil pribadi.

“Mestinya uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Jokowi. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏