Akibat Banjir, Sejumlah Jalan Utama di Rangkasbitung Tergenang Air

SINARBANTEN.COM, Lebak – Akibat hujan yang deras sejak Senin (13/9/2021) malam, sejumlah jalan utama hingga terminal Mandala di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak tergenang air. Banjir juga terjadi di sejumlah kecamatan sekitar Rangkasbitung.

Banjir terburuk terjadi pada Selasa (14/9/2021) menyebabkan sejumlah ruas jalan lumpuh dan tidak bisa dilalui, termasuk jalan nasional yang menghubungkan Rangkasbitung dengan Pandeglang, antara lain di Jalan Nasional Rangkasbitung- Pandeglang, Jalan Siliwangi, Jalan Sunan Kalijaga dan Jalan Soekarno-Hatta.

Menurut pantauan SINAR BANTEN, akibat banjir yang menggenangi Terminal Mandala membuat sejumlah bus yang terparkir terendam sekitar 50 sentimeter.

“Hingga Senin tengah malam kurang lebih ada 640 rumah terendam di dua kecamatan, yakni Rangkasbitung dan Cibadak. Penyebabnya akibat hujan deras semalam, sementara sistem drainase permukiman tidak mampu menampung aliran air. Ketinggian banjir 50-70 sentimeter,” kata Febby Rizky Pratama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Selasa (14/9/2021).

Menurut Febby, ada puluhan warga yang mengungsi.

“Saat ini ada dua lokasi pengungsian, yakni Kampung Barangbang dan Komplek Pendidikan. Pihak BPBD tengah melakukan penyisiran dan pendataan permukiman yang terdampak banjir. Bantuan untuk warga juga sudah disalurkan,” terang Febby. *[ Redaksi SB ]🙏🙏