Pemerintah Belanda Izinkan Eutanasia Bagi Anak Sakit Parah Usia 1 Sampai 12 Tahun

SINARBANTEN.COM, Belanda – Sejak tahun 2002 Undang-undang Eutanasia (suntik mati) sudah berlaku di Belanda. Tapi hanya diperbolehkan untuk anak-anak usia di atas 12 tahun, dengan syarat harus ada persetujuan dari pasien dan orang tuanya.

Eutanasia juga legal untuk bayi sampai usia setahun dengan persetujuan orang tua. Namun tak ada ketentuan bagi mereka yang berusia antara satu tahun dan 12 tahun yang menderita sakit parah.

Kini Pemerintah Belanda menyetujui rencana pemberian izin eutanasia untuk anak-anak yang menderita sakit parah berusia antara satu dan 12 tahun.

“Perubahan aturan tersebut akan mencegah anak-anak menanggung sakit yang tak tertahankan,” kata Menteri Kesehatan Belanda, Hugo de Jonge, yang dikutip Sinar Banten dari BBC, Kamis (15/10/2020).

Akibat perubahan UU Eutanasia ini menyebabkan empat partai koalisi pemerintah mengalami perdebatan yang sangat panjang, bahkan terjadi penolakan dari partai konservatif Kristen.

Dengan adanya persetujuan pemerintah atas rencana tersebut, Menteri de Jonge menyampaikan akan menyusun regulasi baru untuk praktiknya. Dia mengatakan, penelitian para ahli menekankan perlunya perubahan aturan.

“Penelitian menunjukkan ada kebutuhan suntik mati aktif di antara para dokter dan orang tua anak-anak yang sakit parah, yang putus asa dan tak tertanggungkan dan akan meninggal dalam waktu dekat,” jelas de Jonge dalam sebuah surat kepada parlemen.

“Sekitar lima dan 10 anak setiap tahun akan terpengaruh oleh perubahan aturan tersebut. Jadi UU saat ini tidak perlu diubah, tetapi dokter akan dibebaskan dari tuntutan karena melakukan suntik mati atas persetujuan pada anak dalam rentang usia tersebut,” tambahnya.

Seperti halnya anak-anak di atas usia 12 tahun, persetujuan orang tua akan diperlukan berdasarkan perubahan aturan yang diusulkan. Pasien juga harus yang telah sakit parah dan setidaknya dua dokter harus menyetujui prosedur tersebut. Perubahan tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam beberapa bulan ke depan.

Tidak mau ketinggalan dengan Belanda, maka pada tahun 2014 Belgia menjadi negara pertama yang mengizinkan euthanasia anak secara sukarela jika mereka sakit parah dan sangat kesakitan dan jika mereka memiliki izin orang tua. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏