Putri Batak Maria Sinaga Asal Bekasi Berhasil Menjuarai I-Sing World di Swedia


SINARBANTEN.COM, Swedia – Pada tanggal 10-13 November 2019 dilangsungkan kompetisi menyanyi internasional I-Sing World 2019 pada kelas junior Stockholm, Swedia.

Ajang I-Sing World adalah kompetisi menyanyi tingkat dunia yang diselenggarakan setiap tahun oleh I-Sing Academy.

Perlu diketahui, pada tahun 2019, I-Sing diikuti 26 negara yang terbagi dalam kategori dewasa dan junior, dengan penyelenggara I-Sing Academy bekerja sama dengan O’learys, Stockholm, Swedia.

Kompetisi junior ini baru pertama kali diperkenalkan di tahun 2019, dengan kategori usia anak-anak antara 6-16 tahun. I-Sing world pada 2020 rencananya diadakan di Malaysia.

Dalam kompetisi junior itu, Indonesia mengutus dua perwakilan yaitu Maria Sinaga (14) asal Bekasi, Jawa Barat dan Namie (9) asal Surabaya, Jawa Timur.

Dibabak Final, Maria membawakan lagu Bunga Citra Lestari yang berjudul ‘Tundukkan Dunia’. Selain bernyanyi Maria juga membawa misi memperkenalkan budaya Indonesia dalam ajang tersebut dengan menggunakan pakaian adat dari Kalimantan, demikian Sekretaris Ketiga Pensosbud KBRI Stockholm, Fajar Primananda, kepada awak media, Sabtu (16/11/2019).

Akhirnya melalui keputusan juri, Maria Sinaga berhasil mendapat gelar juara pertama sekaligus mendapatkan Special Awards “Best Vocal Technique”. Perjuangan yang tidak sia-sia dan sangat membanggakan bagi guru vokalnya, Ronald Misael Pakiding.

Maria terpilih sebagai wakil Indonesia untuk kategori Junior, setelah memenangkan Asian Dreamerz, kompetisi tingkat Asia pada Juni lalu.

Maria dan Namie berhasil menyisihkan peserta dari negara lain diantaranya Belgia, India, dan Selandia Baru.

Perwakilan dari Indonesia yang kedua, Namie (9) asal Surabaya, Jawa Timur juga merebut juara ketiga.

Melihat prestasi tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro mengaku bangga atas prestasi diraih putri-putri terbaik Indonesia. Diharapkannya Maria dan Namie terus meningkatkan prestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Dari I-Sing World Junior 2019 ini, selain memperoleh uang tunai, piala, medali, dan piagam, Maria juga mendapat kesempatan mengikuti training di Seoul, Korea Selatan dan bergabung dengan salah satu perusahaan hiburan di Seoul. *[ IP ] 🙏🙏