DPAD Kabupaten Serang Dorong Pulopanjang Jadi Pelopor Perpustakaan Desa

SINARBANTEN.COM, Serang – Minat baca anak-anak dan pelajar di Desa Pulopanjang, Kecamatan Puloampel tergolong cukup tinggi. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPAD) Kabupaten Serang mendorong Desa Pulopanjang, Kecamatan Puloampel, bisa membangun gedung perpustakaan.

Pada hari Kamis (27/6/2019) sebanyak 20 orang jajaran DPKD mengunjungi Desa Pulopanjang dalam rangka kegiatan perpustakaan keliling, pembinaan kearsipan dan perpustakaan melintasi laut dengan perjalanan sekira satu jam. Hadir pula Kepala DPKD Kabupaten Serang Tahyudin.

Rombongan DPKD tiba di Pulopanjang sekira pukul 11.30 WIB. Di kantor Desa Pulopanjang sudah menunggu puluhan pelajar SDN Kebalen dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-I’tihad untuk mengikuti kegiatan membaca buku dan games. Usai acara sambutan, para pelajar itu langsung berebut buku bacaan yang digelar di halaman kantor desa.

Kepala Dinas DPAD Kabupaten Serang Tahyudin mengatakan, pihaknya rutin melakukan kunjungan ke Pulopanjang dan pulau lainnya di Kabupaten Serang setiap tahun. “Makanya, kami mendorong Desa Pulopanjang bisa memiliki gedung perpustakaan,” ujarnya.

Menurut Tahyudin, Desa Pulopanjang memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dan pendidikan. Ia berjanji, pihaknya akan selalu mendampingi dan mendukung setiap program terkait peningkatan minat membaca.

“Di Pulopanjang-red sudah ada pantai, sekolah juga sudah berjalan, tinggal fasilitas perpustakaannya yang harus ada,” katanya.

Diungkapkan Tajudin, ada 245 desa yang sudah memiliki pojok baca, tetapi belum ditunjang gedung perpustakaan. “Jika di Desa Pulopanjang memiliki gedung perpustakaan desa, maka akan menjadi pelopor bagi desa-desa lainnya,” terangnya.

Sedangkan Kepala Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan pada DPKD Kabupaten Serang Ema Rukmini Dewi m engatakan dukungannya untuk dibangunnya gedung perpustakaan di Pulopanjang. Ia menilai, sarana dan prasana kearsipan di desa juga masih minim. “Kalau ada perpustakaan kan bisa lebih baik pengarsipannya,” jelasnya.

Penjabat (Pj) Desa Pulopanjang Wahyu Ifan menyambut baik kunjungan DPKD Kabupaten Serang ke wilayahnya. Ia berjanji tahun ini akan mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk pembangunan perpustakaan. *[ HGR ] ??