PLN Ungkap Alasan Pemadaman Listrik di Banten, Jabar dan Jakarta

SINARBANTEN.COM, Bandung – Kemaren (4/8/2019) dari siang hingga malam hari sejumlah wilayah di bagian barat Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik. Aliran listrik di sebagian besar wilayah Banten-Jabar dan Jakarta padam sejak pukul 11:40 WIB.

Berdasarkan keterangan Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, pemadaman listrik terjadi karena ada gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Transmisi Ungaran-Pemalang.

“Ada gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 KV, yang mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa,” katanya, Senin (5/8/2019).

Akibat gangguan gara-gara SUTET ini, wilayah yang terdampak adalah Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Menanggapi keluhan dari masyarakat pengguna listrik, kini pihak PLN tengah berupaya melakukan penormalan seperti pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya. *[ SM ] 🙏🙏