Khasiat Ajaib Bila Teratur Minum Teh Hitam

SINARBANTEN.COM, Serang – Meski sudah lebih dulu dikonsumsi, popularitas teh hitam di Indonesia masih kalah dengan teh hijau yang seolah sudah menjadi tren gaya hidup masa kini. Padahal teh hijau dan teh hitam terbuat dari daun tanaman teh yang merupakan semak belukar dengan nama latin Camellia Sinesis.

Dilihat dari segi pengolahan, selain daun yang layu, digulung dan dipanaskan, daun teh hitam difermentasi sebelum proses pemanasan akhir.

Berikut ada 11 manfaat kesehatan meminum secangkir atau dua teh hitam secara teratur yang berhasil dihimpun oleh Tim Sinar Banten.

1. Kesehatan Mulut

Studi yang didanai oleh Tea Trade Health Research Association menunjukkan bahwa teh hitam mengurangi pembentukan plak serta membatasi pertumbuhan bakteri yang mendorong pembentukan gigi berlubang dan gigi rusak. Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam membunuh dan melewati bakteri penyebab rongga serta menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang membentuk bahan lekat yang mengikat plak ke gigi kita.

2. Jantung yang Lebih Baik

Seperti yang diidentifikasi oleh Arab L. et al. dalam makalah penelitian 2009 mereka yang disebut “konsumsi teh hijau dan hitam dan risiko stroke: meta-analisis”, terlihat bahwa bagaimanapun dari negara asal orang, individu yang mengkonsumsi 3 atau lebih cangkir teh memiliki risiko 21% lebih rendah dari stroke daripada orang yang mengonsumsi kurang dari 1 cangkir teh hijau atau hitam per hari.

3. Antioksidan

Teh hitam mengandung polifenol, yang juga merupakan antioksidan yang membantu memblokir kerusakan DNA yang terkait dengan tembakau atau bahan kimia beracun lainnya. Antioksidan ini berbeda dari yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran dan oleh karena itu sebagai bagian rutin dari diet kita, mereka dapat memberikan manfaat tambahan terhadap gaya hidup yang sehat.

4. Pencegahan Kanker

Meskipun lebih banyak penelitian diperlukan untuk secara yakin menyarankan teknik pencegahan kanker, beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa antioksidan seperti polifenol dan katekin dalam teh dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Telah disarankan bahwa wanita yang minum teh hitam secara teratur memiliki peluang lebih rendah terkena kanker ovarium daripada teman mereka.

5. Tulang yang Sehat

Hal ini juga telah menyarankan bahwa peminum teh bisa memiliki tulang yang lebih kuat dan kemungkinan yang lebih rendah mengembangkan radang sendi karena phytochemical yang ditemukan dalam teh.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada lansia yang tinggal di pulau-pulau Mediterania ditemukan bahwa orang-orang yang telah mengkonsumsi teh hitam secara jangka panjang pada tingkat moderat (yaitu 1-2 cangkir sehari ) memiliki kesempatan 70% lebih rendah memiliki atau mengembangkan diabetes tipe 2

7. Meringankan stress

Kita semua sadar dan berpengalaman tentang manfaat teh hitam yang menenangkan dan membuat rileks. Penelitian menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu Anda bersantai dan berkonsentrasi lebih baik. Teh hitam juga telah terbukti mengurangi kadar hormon stres kortisol bila dikonsumsi dalam jumlah sedang secara teratu

8. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lebih Baik

Teh hitam mengandung antigen alkilamin yang membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh kita. Selain itu juga mengandung tanin yang memiliki kemampuan untuk melawan virus dan karenanya menjaga kita terlindungi dari influenza, flu perut dan virus lain yang biasa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari.

9. Saluran Pencernaan Sehat

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tanin juga memiliki efek terapeutik pada penyakit lambung dan usus dan juga membantu menurunkan aktivitas pencernaan.

10. Peningkatan Energi

Tidak seperti minuman lain yang memiliki kandungan kafein relatif lebih tinggi, jumlah kafein yang rendah dalam teh dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak tanpa terlalu merangsang jantung. Ini juga merangsang metabolisme dan sistem pernapasan, serta jantung dan ginjal.

11. Faktor kebahagiaan

Secangkir teh yang sempurna dapat membuat hati anda senang dan memanjakan tubuh anda. *[ HGR ] ??