GUS YAHYA: Salam Lintas Agama Tak Selalu Berkaitan Dengan Ibadah

SINARBANTEN.COM, Serang – Kamis (13/6/2024), Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi mengeluarkan fatwa yang melarang umat Muslim memberi selamat hari raya kepada umat agama lain.

Fatwa MUI terkait larangan salam lintas agama diputuskan melalui Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Islamic Center, Bangka Belitung, pada 28-31 Mei 2024.

Akhirnya fatwa MUI tersebut menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat dan tokoh agama, termasuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf, lebih dikenal Gus Yahya.

Menanggapi fatwa MUI tersebut, Gus Yahya memberikan pernyataan bahwa klaim tentang semua salam adalah ibadah merupakan hal tidak benar.

“Karena ada klaim bahwa assalamualaikum adalah ibadah, maka diklaim salam yang lain juga ibadah. Padahal tidak ada ibadah itu. Tanya teman-teman Kristen apakah salam sejahtera masuk dalam liturgi (peribadatan Kristen)?” kata Gus Yahya, dikutip dari NU Online pada Senin (17/6/2024).

Gus Yahya menjelaskan bahwa penggunaan salam dalam suatu pidato atau pertemuan bisa dijadikan simbol kerukunan antar umat beragama. Salam tidak selalu berkaitan dengan ibadah.

Gus Yahya berujar seorang Paus tak pernah mengucapkan salam “Shalom” jika hendak memulai suatu pidato.

Selain itu, Gus Yahya juga memberikan penjelasan tentang salam ‘Namo Buddhaya’, yang kerap dianggap sebagai bagian ibadah dalam agama Buddha.

Gus Yahya mengatakan bahwa umat Buddha tidak melakukan ibadah penyembahan terhadap Siddharta Gautama, melainkan sebagai suri tauladan.

“Jangan dikira orang Buddha menyembah Buddha, nggak. Buddha cuma pemikirannya dianggap panutan oleh para penganut Buddhisme. Jadi kalau dianggap mencampuradukkan ibadah, ibadah apa yang dicampur?” ujarnya.

Gus Yahya berharap para ulama dan pemikir Islam di Indonesia bisa mengubah pemikirannya terkait lintas agama.

Di samping itu, Gus Yahya juga mengajak semua pihak agar bisa berpikir jernih, agar tak terjebak dalam upaya yang belum jelas asal-usulnya. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏