Saat Perut Kosong Di Pagi Hari, Jangan Meminum 7 Jenis Minuman Ini

SINARBANTEN.COM, Serang – Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan masyarakat adalah mengawali harinya dengan meminum kopi atau meminum teh di pagi hari saat perut kosong. Mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan, mungkin dalam jangka waktu panjang baru terasa akibatnya.

Berikut ini beberapa minuman yang sebaiknya tidak diminum di pagi hari, terutama saat perut kosong.

  1. MINUMAN MANIS

Beberapa orang memilih minum minuman manis di pagi hari. Teh manis atau jus kemasan misalnya. Walaupun terkesan sehat, kandungan gula yang tinggi untuk asupan di pagi hari saat perut kosong nyatanya berbahaya bagi tubuh.

Konsumsi gula berlebihan dapat membebani hati dan pankreas. Minuman manis sebaiknya tidak diminum saat perut kosong karena dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Memang pada awalnya tubuh akan terasa berenergi, namun dengan cepat tubuh juga akan merasa lemas setelahnya.

  1. KOPI ATAU TEH

Secangkir kopi atau teh biasa diminum di pagi hari setelah bangun tidur untuk mengawali hari. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa harimu tergantung kopi yang kau minum di pagi hari.

Tetapi tahukah kamu bahwa kebiasaan tersebut sangat tidak sehat? Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam teh atau kopi bisa mengganggu sistem pencernaan.

Jika diminum saat perut kosong, teh atau kopi dapat meningkatkan asam lambung, menyebabkan gejala tidak nyaman seperti naiknya asam lambung dan sensasi terbakar di dada.

Kalaupun kamu ingin memulai harimu dengan kafein agar lebih semangat, sebaiknya mengisi perut dengan sarapan terlebih dahulu.

  1. JUS JERUK

Jus jeruk mungkin menjadi salah satu minuman yang biasa diminum di pagi hari saat perut kosong. Bukannya menyegarkan, jus jeruk di pagi hari justru dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Ini disebabkan karena kandungan asam pada jeruk yang bisa mengiritasi lambung.

Risiko ini mungkin lebih besar terjadi pada seseorang yang telah mengalami masalah lambung sebelumnya. Ini juga berlaku pada minuman jeruk lainnya yang mengandung asam seperti tangerine, orange, atau grapefruit.

  1. MINUMAN DINGIN

Mengkonsumsi minuman dingin saat perut kosong dapat mengakibatkan iritasi pada lambung dan usus. Ketika cairan dingin masuk ke sistem pencernaan, dapat memicu kontraksi otot di perut, yang menyebabkan perasaan kembung dan tidak nyaman.

Selain itu, minuman dingin dapat memperlambat proses pencernaan, membuat perut terasa penuh dan begah lebih lama. Hal ini terutama mengganggu bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan atau sensitivitas lambung, karena iritasi tambahan dapat memperburuk gejala yang ada.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari minuman dingin di pagi hari saat perut masih kosong.

  1. SODA

Soda memiliki kandungan karbonasi yang sangat tinggi, ini dapat menyebabkan perut terasa dingin saat kosong.

Selain itu, zat-zat dalam soda dapat merusak lapisan lendir pada perut, yang memperlambat proses pencernaan makanan.

  1. YOGURT

Yoghurt sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang diet. Namun, tidak semua yoghurt adalah pilihan yang baik. Banyak yoghurt yang dijual di pasaran mengandung gula tambahan yang tinggi, sehingga tidak semua menyediakan cukup protein.

Selain itu, bakteri asam laktat (bakteri baik) dalam yoghurt bisa mati atau hilang akibat asam hidroklorik di lambung bila dikonsumsi saat perut kosong. Inilah yang menjadi alasan yogurt tidak dianjurkan diminum di pagi hari saat perut kosong.

  1. ALKOHOL

Alkohol dalam takaran tertentu memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tetapi semua orang tahu jika ini lebih banyak berdampak buruk bagi tubuh. Terlebih lagi diminum di pagi hari saat perut kosong. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏