Bendungan Karian Banten Sangat Bermanfaat Bagi Provinsi Banten, Jabar Dan Jakarta

SINARBANTEN.COM, Lebak — Bendungan Karian yang berada di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten diresmikan langsung oleh presiden Jokowi pada Januari 2024. Pembangunan waduk ini memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 9 tahun, mengingat pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2015.

Dikutip dari laman sda.pu.go.id, biaya pembangunan cukup menelan fantastis,
yaitu senilai Rp2,2 triliun. Namun manfaat serta kapasitas yang diberikan menjadikan waduk ini sebagai salah satu yang terbesar di Indonesia setelah Jatiluhur dan Jatigede.

Adapun daya tampung bendungan ini yaitu 315 juta meter kubik dengan luas genangan 1.773 ha. Dengan manfaat yang diberikan bagi 3 provinsi sekaligus yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh 9 wilayah yang berasa di 3 provinsi tersebut, di antaranya Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, dan Kabupaten Bogor.

Sejumlah manfaat yang diberikan waduk ini dapat menyuplai irigasi hingga 22.000 hektare serta memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas mencapai 10,6 meter kubik per detik.

Selain itu, berpotensi menjadi PLTMH sebesar 1,8 megawatt dan dapat mengendalikan banjir hingga 60,8 juta meter kubik.*[ Redaksi SB ] 🙏🙏