Pelabuhan Merak Alami Lonjakan Pemudik Jelang H-3 Lebaran

SINARBANTEN.COM, Cilegon – Pada H-3 jelang lebaran, ada kenaikan luar biasa angka pemudik yang menyeberang di Merak dan pelabuhan sekitarnya. Sehingga banyak pemudik yang tidak terlayani dengan baik.

“Akibat adanya kenaikan yang luar biasa daripada jumlah penumpang, maka sebagian tidak bisa dilayani secara maksimal. Oleh karenanya, kami mohon maaf dan insyaallah dengan kedatangan hari ini, cara bertindak yang disampaikan oleh Pak Menko akan mengurai kemacetan,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (7/4/2024).

Selain itu, dia mengapresiasi semua pihak yang terlibat membantu dalam penyeberangan. Dia mengatakan terus berkoordinasi dengan pihak yang terlibat terkait mudik.

“Kedua saya mengapresiasi para stake holder, Kapolda, ASDP, Gubernur, Kapolres, Pelindo yang sudah ada di sini yang memang saya berkoordinasi jam 1 jam 2 kita koordinasikan,” kata Budi.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan drastis. Jumlah kenaikannya mencapai 65 persen.

“Karena angka penyeberangan ini mengalami angka yang drastis, Pak Dirjen melaporkan 65 persen ada kenaikan. Tentu saja ini pasti di dalam pelayanan kita pasti akan ada perubahan,” kata Muhadjir di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (7/4).

Muhadjir mengatakan pelayanan tahun ini jangan disamakan dengan tahun lalu. Salah satunya ada perubahan delay sistem di jalan Tol.

“Karena itu kalau kita lihat ada antrean di jalan tol, ada yang kita delay, tahan dulu, itu semata-mata agar jangan terjadi atau mengganggu atau menyumbat upaya kita untuk mengelola penumpang yang ada di sini,” tambahnya.*[ Redaksi SB ] 🙏🙏