Sambut Lebaran, Dishub Provinsi Banten Gelar Mudik Gratis 2024

SINARBANTEN.COM, Serang – Dalam rangka menyambut Idul Fitri tahun 2024 bagi warga Banten yang ingin pulang ke kampung halamannya bisa menikmati program mudik gratis dari Pemprov Banten melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Maret sampai 22 Maret 2024. Verifikasi calon peserta mudik gratis dilakukan pada 23-24 Maret 2024. Sedangkan, tanggal pemberangkatan peserta mudik gratis dilaksanakan pada 6 April 2024 atau tentatif sesuai kebijakan libur bersama,” kata Kepala Dishub Provinsi Banten, Tri Nurtopo.

“Adapun lokasi kumpul pemberangkatan mudik gratis ke luar Provinsi Banten di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kota Serang,” ujar Tri, Rabu (28/2/2024).

Menurut data yang diterima Sinar Banten, ada sembilan daerah yang menjadi tujuan program mudik gratis ini, yakni Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kota Brebes, dan Kota Semarang dengan masing-masing kuota 90 orang. Selain itu, ada juga Kota Surakarta (Solo) dan Kota Yogyakarta dengan masing-masing kuota 180 orang.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, program mudik ini gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan, selain difasilitasi mudik, para pemudik juga mendapatkan kaos serta makan saat buka puasa.

Perlu diketahui, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program ini dapat langsung mendaftar begitu pendaftaran dibuka.

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin mengikuti program mudik gratis.

  1. Kartu Keluarga dan e-KTP berdomisili di Provinsi Banten.
  2. Satu orang pendaftar mudik hanya boleh mendaftar satu kali.
  3. Mengisi form data peserta mudik dan mengupload dokumen e-KTP, Kartu Keluarga, dan swafoto/foto selfie pendaftar pada aplikasi yang disediakan.
  4. Pemudik wajib hadir paling lambat satu jam sebelum keberangkatan.
  5. Pendaftaran dilakukan secara online melalui link jawaramudik.bantenprov.go.id.
    *[ Redaksi SB ] 🙏🙏