Awal Maret, 42 Puteri Indonesia Siap Hadapi Babak Final

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Pegelaran kontes kecantikankali Putri Indonesia 2024 bakal menampilkan banyak kejutan. Masa karantina yang berlangsung sejak 20 Februari 2024 diikuti oleh para peserta dengan latar belakang yang beragam. Mewakili semua provinsi di Indonesia, mereka datang dari berbagai profesi seperti dokter, peternak, karyawan, mahasiswa hingga selebgram. Ketika mengenalkan diri dalam preskon di di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis, (29/2/2024), kontestan pun tampil dengan kecantikan khas Indonesia.

Perlu diketahui, tahun ini sebanyak 42 wanita dari seluruh penjuru Indonesia menjadi peserta kontes kecantikan tersebut. Setelah nantinya melewati rangkaian kegiatan, penilaian, dan pembekalan, para finalis akan menghadapi babak final yang digelar 8 Maret.

Ada pun tema diselenggarakan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) adalah Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan. Mengedepankan cinta keberagaman Tanah Air, YPI masih bertekad untuk mendorong pelestarian budaya kepada anak-anak muda. Bedanya kali ini mereka akan lebih banyak melibatkan pilihan publik dalam mencari putri terbaik.

Tahun ini Puteri Indonesia diikuti 42 finalis yang sebagian besar merupakan pilihan juri dari daerah masing-masing dengan sistem audisi. Tapi ada juga pilihan dari masyarakat itu lah kenapa jumlahnya melebihi jumlah provinsi.

“Mereka adalah putri terpilih dengan kualifikasi ‘Brain, Beauty, Behaviour’ yang disempurnakan kriteria lain untuk bisa survive pada zamannya,” Ketua Dewan Penasehat YPI, Putri Kus Wisnu Wardani, sebagaimana dikutip dari detikNews.com.

Dalam final yang akan digelar Plenary Hall, JCC, Jakarta nanti format pemilihan pun akan berubah. Karena melibatkan voting dari publik, nantinya bakal terpilih top 16 yang mana 13 peserta merupakan pilihan juri dan 3 lainnya dari pemirsa. Lalu dilanjutkan dengan Top 6 yang mana 5 pilihan juri dan 1 pilihan pemirsa.

Tak hanya melibatkan voting dari publik, perbedaan lain dalam pemilihan Puteri Indonesia 2024 adalah jumlah pemenang. Saat final, 42 peserta akan bersaing memperebutkan empat mahkota Borobudur. Selain Puteri Indonesia 2024 yang akan mengenakan Mahkota Merah, Puteri Indonesia Lingkungan dengan Mahkota Hijau, dan Puteri Indonesia Pariwisata dengan Mahkota Biru seperti tahun-tahun lalu, kini adapun Puteri Indonesia Kebudayaan dengan Mahkota Kuning.

Putri menjelaskan bahwa keempat wanita yang terpilih akan dikirim ke ajang internasional. YPI sendiri telah menambah lisensi baru yaitu Miss Cosmo. Karena itu, pemenang Puteri Indonesia Kebudayaan 2024 nanti bakal dikirim ke gelarannya yang pertama di Vietnam. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏