Golput Di Pemilu Australia Kena Denda

SINARBANTEN.COM, Australia – Kondisi berbeda soal golput pada pemilu bisa ditemukan di negara Australia. Dikutip dari laman komisi pemilihan negara bagian Western Australia (WA) disebutkan seluruh warga negara yang berusia di atas 18 tahun wajib memberikan suara dalam pemilihan umum pemerintah federal atau negara bagian.

Warga negara yang tidak memberikan suara akan mendapatkan email, pesan teks, atau pemberitahuan melalui pos. Pesan tersebut akan meminta penjelasan pada pemilih mengapa hak pilih tidak digunakan.

“Para pemilih yang tidak memberikan suara dan tidak memberikan alasan yang sah dan cukup akan didenda,” tulis komisi pemilihan dalam laman tersebut.

Bagi yang pertama kali tidak menggunakan hak pilih akan didenda sebesar AUD 20 ( Rp 200 ribu). Namun, sudah pernah didenda untuk pelanggaran yang sama denda akan menjadi AUD 50 (Rp 500 ribu).

“Jika tidak mempunyai alasan yang sah dan cukup untuk tidak memilih, maka dapat membayar denda dan masalah akan berakhir.” Hanya saja, jika tidak membayar denda sanksi lain menanti yakni penangguhan surat izin mengemudi.

Kewajiban untuk mengikuti pemilu di Australia awalnya diterapkan oleh negara bagian Queensland pada 1915. Kemudian dijadikan kebijakan negara Australia pada 1924.*[ Redaksi SB ] 🙏🙏