UT Buka 3 Program Studi Baru

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Pada bulan Januari 2024 lalu, Universitas Terbuka (UT) mengumumkan pembukaan 3 prodi baru yaitu S1 Pendidikan Agama Islam (PAI), S1 Perpajakan, dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Rektor UT Prof Drs Ojat Darojat mengatakan pembukaan keempat prodi didorong kebutuhan masyarakat dan telah melalui kajian di tingkat perguruan tinggi. Dengan demikian, kuliah di prodi baru ini prospektif, bermanfaat besar, dan menjadi keputusan tepat bagi mahasiswa.

S1 PAI Jarak Jauh UT

Ia mencontohkan, S1 Pendidikan Agama Islam di antaranya merespons kebutuhan lulusan pesantren untuk kuliah jarak jauh sehingga tidak meninggalkan peserta didik di pesantren.

“Kawan-kawan di lapangan menyampaikan bahwa pada saat ini dibutuhkan Pendidikan Agama Islam yang ditempuh secara jarak jauh. Ini kan belum ada,” kata Ojat dalam siaran Rektor Menyapa: Pembukaan Program Studi Baru di Universitas Terbuka Tahun 2024 – Seputar UT di kanal YouTube Universitas Terbuka TV, Senin (12/2/2024).

“UT sekarang membuka kesempatan saudara di pesantren, yang tidak bisa meninggalkan pesantrennya karena mengajar para santri di sana, sementara mereka juga ingin meraih sarjana. UT bisa hadir di pesantren,” sambungnya.

S1 Perpajakan UT

Ojat mengatakan, prodi baru S1 Perpajakan UT juga merespons kebutuhan institusi atas lulusan S1 di bidang ilmu tersebut.

“Sebenarnya sudah lama tuntutan S1 Perpajakan itu, tetapi kita baru buka saat ini. Selama ini D3 saja perpajakan. Sementara juga tuntutan di lapangan, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) menyampaikan bahwa butuhnya S1 sekarang itu, bukan lagi diploma,” tuturnya.

“Kita buka. Banyaknya teman-teman dari STAN, pegawai perpajakan, keuangan, BPK, yang melanjutkan menuntut ilmu,” sambungnya.

Magister PAUD UT

Sementara itu, UT turut membuka Magister PAUD antara lain untuk mengakomodasi kebutuhan lulusan S1 PAUD melanjutkan studi dengan disiplin ilmu linier. Dikutip dari laman resminya, UT sebelumnya telah memilih prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dunia (PG-PAUD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏