MAHMOUD ABBAS: Hamas Tidak Mewakili Palestina

SINARBANTEN.COM, Serang – Pada Minggu (15/10) kantor berita Palestina, WAFA, menulis pernyataan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas soal Hamas.

Dalam tulisannya, WAFA melaporkan bahwa Abbas mengatakan kebijakan dan tindakan Hamas “tidak mewakili rakyat Palestina.” Dalam laporan itu, Abbas juga menegaskan bahwa satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina adalah Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), bukan Hamas.

Menurut WAFA, pernyataan Abbas tersebut disampaikan saat melakukan panggilan telepon dengan Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada hari Minggu (15/10). “Presiden menegaskan penolakannya terhadap pembunuhan warga sipil di kedua pihak dan menyerukan pembebasan warga sipil dan tahanan di kedua pihak.”

Namun, pernyataan Mahmoud Abbas yang dipublikasikan WAFA di situsnya kemudian dihapus dan direvisi menjadi: Presiden menekankan bahwa kebijakan, program, dan keputusan PLO mewakili rakyat Palestina sebagai satu-satunya perwakilan sah mereka, dan bukan kebijakan dari organisasi lain.”

Perlu diketahui, Mahmoud Abbas adalah pemimpin faksi Fatah di dalam PLO yang berselisih dengan Hamas sejak 2007. Ketika itu Hamas merebut kekuasaan di Jalur Gaza dan mengusir faksi Fatah dalam bentrokan bersenjata.

Hamas dideklarasikan sebagai kelompok teror antara lain oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), dan Israel. *[ Redaksi SB ]🙏