Awal November, Pemprov Jakarta Berlakukan Tilang Uji Emisi

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Bagi pengendara kendaraan bermotor di Jakarta atau yang melintas di Jakarta siap-siap menghadapi tilang uji emisi karena pada awal November 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerjasama dengan Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang bagi kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi.

Dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2023), Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan bahwa tilang uji emisi sudah dilakukan koordinasi dengan Ditlantas.

“Sebelumnya, Polda Metro Jaya menghentikan tilang uji emisi karena memberatkan masyarakat dan lebih mengedepankan cara persuasif serta edukatif agar warga secara rutin merawat kendaraan. Sehingga menghasilkan gas buang yang tidak menimbulkan polusi udara,” ujar Ani.

Tetapi, Ani mengatakan kini pihaknya telah berkomunikasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya terkait penerapan tilang uji emisi tersebut.

Saat itu, kata Ani rentang pemberlakuan sanksi tilang uji emisi dengan sosialisasi masih sedikit, sehingga banyak masyarakat yang tidak melaksanakan uji emisi kendaraan.

Pemprov DKI juga saat itu masih fokus memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengikuti uji emisi kendaraan sebagai upaya memperbaiki polisi udara di Jakarta.

“Sekarang setelah sekian lama dianggap sudah cukup jadi tilang akan kembali diberlakukan. Harapannya partisipasi masyarakat bahwa kendaraan pribadi lulus uji emisi akan lebih banyak lagi,” jelas Ani. *[ Redaksi SB ]