Keunggulan tempe yang dibungkus plastik daripada daun pisang

SINARBANTEN.COM, Serang – Saat membeli tempe, pasti kita menemukan dua jenis kemasannya yaitu dibungkus plastik dan dibungkus daun pisang. Dari kedua kemasan tersebut, mana yang lebih baik?

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Koperasi Pengusaha Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) Kabupaten Bogor, Sukhaeri mengatakan tempe dibungkus daun pisang dengan tempe dibungkus plastik, ternyata tempe yang dibungkus plastik punya keunggulan yang lebih baik.

Dari segi kebersihan dan keamanan, tempe dibungkus plastik lebih unggul daripada tempe dibungkus daun pisang.

Pasalnya, dalam proses pembuatan tempe digunakan ragi yang akan menghasilkan bakteri baik hasil proses fermentasi yang sangat sensitif terhadap bakteri pencemar.

Ketika membungkus tempe dengan daun pisang, maka harus dipastikan daun pisang yang digunakan sudah bersih dan tidak tercemar.

Apabila daun pisang yang digunakan tidak dibersihkan dengan baik, maka kemungkinan bakteri jahat ikut tumbuh dan berkembang dalam tempe bisa terjadi.

Apalagi jika dalam proses pembuatan tempe terdapat celah daun yang sobek sehingga memudahkan bakteri untuk masuk.

Berbeda dengan plastik sebagai pembungkus yang lebih kedap udara sehingga terjamin kebersihan dan keamanannya.

Meski begitu tempe dibungkus daun lebih unggul dari segi rasa dan kenikmatannya.

β€œSeperti makan nasi aja kalau nasi uduk dibungkus dengan daun pasti kan lebih wangi dan aromanya khas serta rasanya lebih enak,” ujarnya. *[ Redaksi SB ]πŸ™πŸ™