Purnapaskibraka Tahun 2021 se-Provinsi Jawa Timur Diangkat Jadi Duta Pancasila

SINARBANTEN.COM, Surabaya — Purnapaskibraka tahun 2021 se-Provinsi Jawa Timur diangkat menjadi duta Pancasila pada Sabtu, (17/12/2022). Pelantikan duta Pancasila itu dilakukan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi.

Dalam kesempatan tersebut hadir Direktur Evaluasi BPIP Edi Subowo, Duta Pancasila Purnapaskibraka Indonesia, Forkopomda Provonsi Jawa Timur

Dikutip dari laman republika.co.id, dalam arahannya Prof. Yudian menegaskan tugas para Purnapaskibraka belum selesai, masih banyak tugas mulia yang harus dilakukan untuk ibu pertiwi.

“Setelah mengibarkan dan menurunkan bendera, tugas ade-ade belum selesai, ibu pertiwi memanggil, berdiri-lah gagah menjaga sang-saka merah putih. Purnapaskibraka Duta Pancasila wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Tidak hanya itu purnapaskibraka se-Provinsi Jawa Timur juga diharapkan dapat menjadi teladan dalam mengarusutamakan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya, Sabtu, (17/12/2022).

“Terutama dalam laku hidup sehari-hari, adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, Kebangsaan, Persatuan, dan Kesatuan, Cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara,” jelasnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila untuk menyatukan tekad dan barisan untuk menjaga Ideologi Pancasila dam Negara Kesatuan Repubik Indonesia. “Saya ingin mengajak kita menyatukan pikiran menyatukan gerakan menyatukan barisan bahwa negeri ini butuh pagar untuk menjaga negara,” ajaknya.

Ia juga mengajak kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila untuk merenung pesan Gusdur dalam menanamkan nilai-nilai perjuangan yang penuh pengorbanan. “Gus Dur sering menyampaikan pesan kepada ABG Anak Buah Gus Dur kata Gus Dur begini Hidup itu memang perlu perjuangan setiap perjuangan butuh pengorbanan setiap pengorbanan besar pahalanya ini harus dalam satu rangkaian,” paparnya.

Ia bahkan menegaskan Kebhinekaan yang ada di Indonesia khususnya Jawa Timur harus diikat oleh Pancasila sebagai penguat keberagaman.

“Keberagaman suku, beragam agama, beragam bahasa, beragam adat istiadat, beragam-ragam ini harus diikat dan ikatannya adalah Pancasila,” tegasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPIP yang telah mengangkat Purnapaskibraka Jawa Timur menjadi Duta Pancasila untuk bekerja bersama sama dalam bingkai Pancasila. “Kita diajak oleh Kepala BPIP Prof Yudian atas nama bangsa dan negara maka kita diajak meniti jalan keluhuran bangsa,” tutupnya.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr. Rima Agristina, melaporkan jumlah Purnapaskibraka yang Diangkat menjadi Duta Pancasila sebanyak 1.147 orang berasal dari Kabupaten Kota di Provinsi Jawa Timur.

Ia berharap Purnapaskibraka Duta Pancasila dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita tentu harapkan adik-adik dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam laku kehidupan sehari-hari dari hal yang kecil,” ujarnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏