Akibat Invasi Ukraina, IJF Resmi Menskors Vladimir Putin Sebagai Presiden Kehormatan

SINARBANTEN.COM, Serang — Invasi Rusia ke Ukraina sudah terjadi sejak Kamis (24/2/2022) pagi waktu setempat. Beberapa tempat di Ukraina rusak dan porak poranda. Sementara korban jiwa sudah mencapai ratusan dan gelombang pengungsi pun tak dapat dihindarkan.

Akibat Invasi Rusia ke Ukraina, Federasi Judo Internasional (IJF) pada Minggu (27/2/2022) resmi menskors Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebagai presiden kehormatan IJF.

Perlu diketahui, Putin adalah salah satu tokoh kesohor dunia yang memiliki kemampuan beladiri judo dan sudah memiliki sabuk hitam

“Mengingat konflik perang yang sedang berlangsung di Ukraina, Federasi Judo Internasional mengumumkan penangguhan status Vladimir Putin sebagai Presiden Kehormatan dan Duta Besar Federasi Judo Internasional,” tulis kutipan dari situs resmi IJF.

Sebelumnya, IJF juga telah menyatakan membatalkan ajang kejuaraan Grand Slam judo yang seharusnya berlangsung pada Mei mendatang di Kazan, Rusia.

Keputusan IJF menambah panjang rentetan dampak negatif di dunia olahraga terkait perang Rusia Ukraina yang diawali dari perintah Putin agar militer negaranya menginvasi sang tetangga pada Kamis (24/2/2022) pagi waktu setempat.

Sebelumnya F1 memastikan balapan di Sochi yang seharusnya menjadi salah satu seri balapan jet darat pada tahun ini dibatalkan karena alasan invasi Rusia ke Ukraina.

Selain itu UEFA juga telah mengumumkan penyelenggaraan final Liga Champions berubah tempat, dari semula di Saint Petersburg menjadi ke Paris. *[ Redaksi SB ]🙏🙏