BPOM Ingatkan Masyarakat Agar Tidak Minum Susu Kental Manis

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Hingga kini masih banyak masyarakat mengkonsumsi susu kental manis (SKM) untuk diminum sebagai asupan pengganti susu.

Menanggapi hal tersebut Deputi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Rita Endang mengingatkan masyarakat bahwa SKM hanya sebagai topping atau pelengkap sajian makanan bukanlah asupan pengganti susu.

“SKM tidak untuk diseduh atau diminum langsung sebagaimana susu pada umumnya. Sebab, fungsi SKM tidak untuk menggantikan ASI, tidak cocok untuk bayi sampai 12 bulan, serta tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber gizi,” ungkap Rita, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya Rita menjelaskan, tipikal dari SKM adalah susu yang manis, memang tidak untuk usia anak-anak di bawah satu tahun.

“Sudah ada peringatannya, masyarakat yang memang berisiko terhadap kandungan gulanya seharusnya perlu mengoreksi diri. Itu bukan untuk diminum. Kami sudah menuangkan dalam regulasi peraturan Badan POM Nomor 31 Tahun 2018, tentang label pangan olahan jadi memang ditegaskan pula bahwa penggunaan yang benar itu digunakan sebagai topping misalnya untuk martabak, campuran kopi, cokelat, dan lain-lain,” ungkap Rita

Sementara itu, Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendikia Indonesia (YAICI), Arif Hidayat, menyambut baik keputusan BPOM tersebut.

“Larangan susu kental manis atau SKM diseduh merupakan kemajuan, karena selama ini pihaknya mengadvokasi dan meminta BPOM agar ada aturan bahwa susu kental manis bukan untuk diseduh, melainkan hanya sebagai topping makanan,” kata Arif.

Arif berharap larangan ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang selama ini menganggap kental manis boleh diseduh dan diminum.

“Walaupun BPOM sudah mengeluarkan larangan, YAICI akan tetap memantau penerapan di lapangan. Jangan sampai larangan ini hanya sebatas larangan tanpa adanya sosialisasi kepada masyarakat, dan lebih penting lagi tindak tegas kepada produsen agar merevisi kegunaan kental manis,” pintanya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏