Dampak Menggunakan Pupuk Kimia Berlebihan

SINARBANTEN.COM, Serang – Pupuk kimia adalah jenis pupuk yang meliki kelebihan itu. Kadar unsur hara dan mineral pada pupuk kimia lebih tinggi dan terjamin karena memang dibuat untuk tanaman. Meski tujuannya untuk memberikan keuntungan bagi tanaman, tetapi dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pemupukan dengan pupuk kimia secara terus-menerus sangat berbahaya.

Salah satu dampak berlebihan dalam menggunakan pupuk kimia, bisa menimbulkan dampak yang merusak kesuburan tanah itu sendiri. Sebab, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pupuk ini adalah bahan-bahan kimia. Bahan kimia yang tak terserap oleh tanaman, akan tertinggal di dalam tanah. Zat kimia ini nantinya akan mengikat molekul tanah, membuatnya tak gembur lagi dan kering. Setelah kering, tanah akan lengket dan keras.

Dikutip dari cybex.pertanian.go.id, tanah yang padat atau tidak gembur akibat penggunaan pupuk kimia akan mematikan mikroorganisme tanah, sehingga penguraian bahan organik tanah akan terganggu akibatnya tanah menjadi tidak subur. Dampak lainnya, akar tanaman menjadi lunak dan tidak bisa lagi menyerap nutrisi secara maksimal. Akhirnya, tanaman akan mati karena kekurangan nutrisi.

Tak hanya tanah, air di sekitar lahan tanaman juga akan terkena imbasnya. Ini dapat terjadi ketika hujan sisa pupuk yang terserap akar akan terbawa oleh aliran air, menuju sungai, danau, atau bahkan terserap ke dalam tanah sehingga mencemari pasokan air bersih di dalamnya. Air yang terkontaminasi ini, bisa jadi dikonsumsi oleh manusia dan hewan di sekitarnya. Ini dapat menyebabkan keracunan dan masalah kesehatan lainnya.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tak boleh sama sekali menggunakan pupuk kimia. Anda dapat mengombinasikannya dengan pupuk organik agar sisi negatif pupuk kimia dapat diminimalisir. Pemberian pupuk kimia juga harus sesuai dengan dosisnya. Akan tetapi, lebih baik Anda tak menggunakan pupuk kimia di lingkungan rumah tangga karena dapat mencemari lingkungan tempat tinggal Anda dan tetangga. *[ Redaksi SB ]🙏🙏