Bertambahnya Pencari Kerja, Pemkab Pandeglang Gelar Berbagai Pelatihan Kerja dan Keterampilan

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Di Pandeglang sejak Januari sampai 10 April 2019, jumlah pencari kerja mencapai 2.343 orang. Mereka penduduk usia produktif.

Banyaknya jumlah pencari kerja tersebut, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang terus berupaya menekan angka pengangguran melalui berbagai pelatihan kerja dan keterampilan. Antara bidang otomotif, elektronika, mesin bubut, las listrik, akuntansi, menjahit, dan pertanian.

Warga Kampung Pasirhuni, Desa Sukamah, Kecamatan Keduhejo, Iwan berharap dengan mengikuti pelatihan pada Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, dapat berhenti menganggur dan secepatnya mendapatkan pekerjaan pada perusahaan besar, khususnya di bidang pengelasan. “Saya ingin memiliki pendapatan sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang layak di masa depan, “ungkap Iwan, Jumat (12/2019).

Seusai apel pagi, Bidang Penempatan Kerja Disnakertrans Kabupaten Pandeglang Dadun Kohar memastikan, sejumlah warga usia produktif di bawah 24 tahun yang mengikuti pelatihan kerja di instansinya bakal bekerja di sejumlah perusahaan. Pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan besar di Provinsi Banten untuk menampung calon tenaga kerja yang diberikan pelatihan.

Menurut pantauan Sinar Banten, kuota untuk pelatihan kerja jumlahnya masih tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang setiap tahunnya lebih dari 10 ribu orang.

Sementara Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang baru bisa memberikan pelatihan hanya untuk 384 orang per tahun dengan tiga angkatan pelatihan kerja. Termasuk tahun 2019 ini pelatihan memasuki angkatan kedua. *[ HY ] ??