Tak Layak Konsumsi, Warga Kembalikan Beras PKH Ke Kantor Kelurahan Pandeglang

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Bantuan beras dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang diterima sejumlah warga di Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang ternyata tidak layak dikonsumsi. Pasalnya, Bantuan Sosial Beras (BSB) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tersebut berwarna kekuning-kuningan, bau, dan banyak kutu.

Warga pun mengeluhkan bantuan beras tersebut dan mereka berbondong-bondong mendatangi Kantor Kelurahan Pandeglang untuk mengembalikan beras yang dianggap tidak layak konsumsi tersebut.

Ahmad, 47, salah satu Penerima KPM PKH, asal warga Kampung Cihaseum, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang Kabupaten Pandeglang, mengatakan bantuan beras yang diterimanya tersebut sangat tidak layak konsumsi.

“Berasnya berwarna kekuning-kuningan, terus agak berbau dan ada kutunya juga pa. Yang lebih parah lagi, banyak yang sudah buluk (usang),” katanya saat ditemui di Kantor Kelurahan Pandeglang, Kamis (5/8/2021).

Di lokasi yang sama warga Kampung Kebon Cau, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Dedi merasa sangat kecewa dengan bantuan beras yang dianggapnya tidak manusiawi. Karena menurutnya beras yang diterimanya hanya layak untuk konsumsi hewan.

“Ini mah bukan untuk manusia kang, lihat saja berasnya seperti apa. Masa kita dikasih beras kaya gini, kan ga manusiawi. Binantang juga kalau kata kasarnya mah, pasti menolak untuk memakannya,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Pandeglang M. Apendi mengaku hanya diminta Kecamatan Pandeglang dan PT. Pos untuk menyediakan tempat penyimpanan bansos beras tersebut.

“Saya tidak tahu sama sekali bila kondisi beras bantuan itu sudah menggumpal dan tak layak dikonsumsi saat diterima oleh masyarakatnya. Bantuan beras ini kemarin ada dua tahap. Pertama bantuan dari pusat tanggal 2 agustus yang disalurkan untuk 840 KPM, terus besoknya bantuan PKH untuk 464 KPM. Kami terima surat melalui kecamatan yang memohon supaya menyediakan tempat saja, Selanjutnya PT. Pos lah yang menyalurkan nya,” tandasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏