LUHUT: Info Perpanjangan PPKM Darurat Akan Diumumkan 2-3 Hari Lagi

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Desas-desus perpanjangan masa PPKM hingga sekarang belum jelas. Apa lagi kini pemerintah belum bisa menyelesaikan pandemi Covid-19 terutama menghadapi varian delta.

Dalam konferensi pers, Sabtu (17/7/2021) Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan meskipun kami terus bekerja keras menambah fasilitas rumah sakit ( tempat tidur rumah sakit, dokter dan perawat), hal ini hanya solusi sementara. Solusi permanen adalah menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan mempercepat program vaksinasi.

“Saat ini tengah dilakukan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dalam waktu dekat, pemerintah akan menginformasikan kepada masyarakat terkait kebijakan PPKM Darurat. Saya kira dalam 2-3 hari ke depan kita juga akan mengumumkan secara resmi,” jelas Luhut.

Pemerintah, ujar Luhut, akan menambah anggaran untuk bantuan sosial (bansos) senilai Rp 39,19 triliun. Hal ini ditujukan bagi masyarakat terdampak PPKM Darurat.

“Selain penambahan anggaran untuk bantuan sosial di atas, pemerintah juga meningkatkan alokasi anggaran untuk kesehatan sebesar Rp 33,21 triliun,” ucap Luhut.

Budget tersebut antara lain untuk biaya perawatan paisen Covid-19 di rumah sakit, penambahan insentif tenaga kesehatan, dan tenaga vaksinasi. Lalu, pembangunan rumah sakit lapangan dan pembelian oksigen.

“Juga pembagian 2 juta obat gratis yang sudah dimulai oleh presiden kemarin, isolasi mandiri bagi OTG dan gejala ringan,” pungkasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏