Pemerintah China Izinkan Satu Keluarga Punya 3 Anak

SINARBANTEN.COM, Beijing – Setelah data terbaru menunjukkan terjadi penurunan dramatis dalam angka kelahiran di China, maka Pada Senin (31/5/2021), Pemerintah China mengeluarkan kebijakan terbaru soal keluarga, yaitu kini China memperbolehkan satu keluarga untuk memiliki tiga anak.

Mengutip Reuters, Beijing membatalkan kebijakan satu anak yang sudah berusia puluhan tahun pada tahun 2016, dan menggantinya dengan batas dua anak. Kebijakan ini bertujuan untuk mencegah risiko ekonomi dari populasi yang menua dengan cepat.

Namun, kebijakan itu gagal menghasilkan lonjakan kelahiran yang berkelanjutan mengingat tingginya biaya membesarkan anak di kota-kota Tiongkok. Ini sebuah tantangan yang masih berlanjut hingga hari ini.

“Perubahan kebijakan akan diterapkan dengan langkah-langkah yang mendukung, yang akan kondusif untuk meningkatkan struktur populasi negara kita, memenuhi strategi negara untuk secara aktif mengatasi populasi yang menua,” kata kantor berita resmi Xinhua setelah pertemuan politbiro yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping.

Di antara langkah-langkah itu, China akan menurunkan biaya pendidikan untuk keluarga, meningkatkan pajak dan dukungan perumahan, hingga menjamin kepentingan hukum perempuan yang bekerja. China juga akan mendidik kaum muda tentang pernikahan dan cinta.

Reuters memberitakan, berdasarkan data terbaru, China memiliki tingkat kesuburan hanya 1,3 anak per wanita pada tahun 2020. Angka itu setara dengan masyarakat yang menua seperti Jepang dan Italia dan jauh dari sekitar 2,1 yang dibutuhkan untuk tingkat penggantian.

“Orang-orang tertahan bukan oleh batasan dua anak, tetapi oleh biaya yang sangat tinggi untuk membesarkan anak di China saat ini. Perumahan, kegiatan ekstrakurikuler, makanan, perjalanan, dan segala sesuatu lainnya bertambah dengan cepat,” jelas Yifei Li, sosiolog di NYU Shanghai, kepada Reuters.

Dalam jajak pendapat di akun Weibo Xinhua yang menanyakan #AreYouReady untuk kebijakan tiga anak, sekitar 29.000 dari 31.000 responden mengatakan mereka “tidak akan pernah memikirkannya”. Sementara sisanya memilih di antara opsi: “Saya siap dan sangat ingin melakukannya”, “itu ada di agenda saya”, atau “saya ragu-ragu dan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan”.

Jajak pendapat tersebut kemudian dihapus.

“Saya bersedia memiliki tiga anak jika Anda memberi saya 5 juta yuan ($ 785.650),” tulis seorang pengguna.

Harga saham di perusahaan yang terkait dengan kelahiran dan kesuburan melonjak. *[ Redaksi SB %]🙏🙏