Setelah Orang Dewasa, Anak sekolah di Singapura Akan Disuntik Vaksin Covid-19

SINARBANTEN.COM, Singapura – Setelah penyuntikan vaksin Covid 19 ke orang dewasa usia 39 tahun ke atas, pemerintah Singapura akan memperluas program vaksin Covid-19 hingga ke anak-anak sekolah.

Pasca otoritas setempat memperingatkan, varian baru virus corona lebih memengaruhi anak-anak, Singapura akan segera menyuntikkan vaksin Covid-19 ke anak-anak sekolah, kata Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Senin (31/5/2021).

Dalam pidato yang disiarkan televisi, PM Lee mengumumkan bahwa siswa sekolah berusia 12 tahun ke atas akan menjadi kelompok berikutnya yang disuntik vaksin Covid-19. Singapura telah menyetujui vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech untuk anak-anak usia 12-15 tahun bulan ini.

Sebelumnya vaksin Covid-19 itu hanya diizinkan untuk orang-orang usia 16 tahun ke atas. “Dalam penyebaran terbaru ini, kami melihat lebih banyak kasus anak-anak terinfeksi, di sekolah dan pusat-pusat pendidikan,” kata Lee dikutip dari AFP.

“Anak-anak itu tidak sakit parah, tetapi orang tua jelas khawatir. Oleh karena itu, kami akan memanfaatkan liburan bulan Juni untuk memvaksinasi anak-anak sekolah,” lanjutnya.

Lebih dari 400.000 pelajar di Singapura bisa memesan vaksin Covid-19 mulai Selasa (1/6/2021), dan slot pertamanya tersedia pada Kamis (3/6/2021). Setelah anak-anak sekolah, Pemerintah Singapura akan memvaksinasi orang dewasa berusia 39 tahun ke bawah. Itu adalah kelompok terakhir yang akan disuntik vaksin Covid-19 di negara berpenduduk 5,7 juta jiwa tersebut.

Lee melanjutkan, dia melihat Singapura sudah berada di jalur yang tepat untuk melonggarkan pembatasan setelah 13 Juni sesuai yang direncanakan, karena kasus transimi lokal terus turun. Lockdown parsial atau circuit breaker kedua di Singapura ini mencakup batasan pertemuan dua orang dan larangan makan di luar.

Kasus Covid-19 di Singapura kini berjumlah di atas 62.000 dengan 33 kematian sejak dimulainya pandemi. Menurut standar global, wabah virus corona di Singapura termasuk kategori ringan. *[ Redaksi SB ]🙏🙏