Libur Nataru Sebabkan 4 Daerah Di Banten Jadi Zona Merah Covid 19

SINARBANTEN.COM, Serang – Merujuk data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Banten, sebelum liburan Natal 2020 dan tahun baru 2021 (Nataru), terdapat hanya tiga daerah di Banten yang masuk zona merah, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Namun setelah Nataru terjadi penambahan zona merah penyebaran COVID-19 menjadi empat daerah yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Kemudian hari ini, Kota Tangerang berubah menjadi zona oranye.

“Peningkatan jumlah kasus baru COVID-19 merupakan dampak dari libur panjang natal dan tahun baru (Nataru). Dampak libur panjang terhadap penambahan kasus COVID-19 baru bisa dirasakan setelah dua pekan pasca libur,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, Selasa (12/1/2021).

“Dampaknya, dua daerah, yakni Kota Cilegon dan Kabupaten Serang yang sebelumnya di zona oranye kini naik status menjadi zona merah. Akibat kluster liburan Natura, telah menyebabkan penambahan kluster keluarga di dua daerah tersebut,” tambah Ati.

Perlu diketahui, jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Banten per hari ini adalah 21.620. Angka itu naik 193 kasus dibanding hari sebelumnya. Rinciannya, 3.267 orang masih dirawat, 17.709 orang sembuh dan 644 orang meninggal.

Ati Pramudji mengatakan, untuk pencegahan penyebaran COVID-19 dalam waktu dekat akan digelar vaksinasi. Vaksinasi akan dilaksanakan oleh 5.695 tenaga vaksinator dengan tahap pertama akan diturunkan sebanyak 1.594 tenaga orang.

“Untuk termin pertama vaksin yang diterima Banten sebanyak 14.560 unit, yang akan diproyeksikan untuk tenaga kesehatan dan pejabat daerah. Rinciannya adalah 245 puskesmas dan 107 rumah sakit siap melaksanakan vaksinasi COVID-19,” tandasnya. *[ Redaksi SB ]🙏🙏