Masyarakat Umum Di Banten Mulai Divaksin April 2021

SINARBANTEN.COM, Serang – Berdasarkan keterangan yang dihimpun Sinar Banten dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, masyarakat umum baru akan divaksin pada April 2021.

Hal ini disebabkan karena jadwal pelaksanaan vaksin Covid-19 di Banten dilakukan sebanyak empat tahap. Dua tahap awal diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan petugas pelayanan Covid-19. Sedangkan tahap tiga dan empat yang dimulai pada April 2021 diperuntukkan bagi masyarakat umum.

“Adapun jadwal vaksinasi di Banten akan dilakukan hingga empat tahap. Tahap pertama dilakukan Januari-April 2021 untuk nakes. Selanjutnya tahap kedua dilakukan untuk petugas lapangan yang menangani pandemi Covid-19 sebanyak 2 juta vaksin. Dan tahap ini juga dibulan Januari-April pelaksanaan vaksinasinya,” jelas Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti, Selasa (5/1/2021).

β€œTahap ketiga itu baru untuk masyarakat yang rentan sosial ekonomi dan lainnya yang direncanakan pada April 2021 sampai Maret 2022. Lalu tahap keempat dilakukan terhadap seluruh masyarakat yang dipilih berdasarkan tingkat kerentanan sosial dan ekonomi. Contohnya, ekonominya susah, divaksin dulu,” tambahnya.

Perlu diketahui, vaksinasi di Banten dilakukan di 708 titik pelayanan kesehatan. Pemberitahuan vaksinasi sendiri akan diinformasikan melalui layanan pesan singkat atau SMS berdasarkan data yang tersimpan oleh pemerintah pusat.

Selain layanan tersebut, data sasaran vaksin bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi yang saat ini sementara hanya diperuntukkan bagi nakes. *[ Redaksi SB ] πŸ™πŸ™