Nama Pastor Asal NTT Diabadikan Menjadi Nama Jalan Di Argentina

SINARBANTEN.COM, Argentina – Di Kota Puerto Esperanza, Argentina, ada nama jalan yang diambil bukan dari nama orang Argentina. Tetapi nama dari orang Nusa Tenggara Timur ( NTT). Jalan itu bernama: “Amans Laka”.

Penghargaan semacam itu biasanya diberikan kepada para pahlawan dan tokoh-tokoh yang punya pengaruh di Argentina.

Lantas, siapakah Amans Laka sehingga namanya bisa diabadikan menjadi nama sebuah jalan sepanjang 1 km di Argentina? Apakah jasa-jasa beliau?

Amans Laka adalah seorang Pastor gereja katolik asal Sumba NTT, Indonesia yang bertugas di Argentina. Nama lengkapnya, Pastor Amans Laka SVD, 53 tahun.

Penamaan Jalan Amans Laka di kota itu sebagai bentuk penghormatan pemerintah Puerto Esperanza kepada Pastor Amans Laka atas dedikasinya dalam membangun beberapa gedung sekolah, membuka lahan perkebunan dan peternakan selama bertugas di sana.

Mengutip dari Penakatolik.com, ternyata selama pelayanannya di Argentina, pemerintah setempat sangat senang dengan karyanya untuk anak muda dan bisa mendirikan sekolah pertanian dan perkebunan.

“Anak muda adalah generasi penerus bangsa. Jadi saya mengumpulkan anak-anak muda khususnya dari kampung-kampung supaya mereka bisa menikmati pendidikan, sehingga tidak terjerumus kedalam droga, narkoba dan mariwana. Selebihnya, agar mereka tidak meninggalkan kampung atau kebunnya, karena setelah selesai studi bisa olah lahannya sendiri” jelasnya.

Hingga kini, berkat jasa Pastor Amans Laka tersebut banyak anak-anak muda di sana yang memetik hasil yang cukup banyak dari usaha pertanian.

Perlu diketahui, Pastor Amans Laka SVD, berasal dari kongregasi Societas Verbi Devini (SVD). Umat Katolik Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan kongregasi Serikat Sabda Allah.

Para rohaniwan dari kongregasi SVD, dalam mengemban misinya tidak hanya memperkenalkan Injil, tetapi turut serta membawa piranti-piranti misi yang efektif.

Sebagai contoh, membangun gedung sekolah, membuka kursus pertukangan dan perkebunan untuk menyokong keterampilan para pemuda di tempatnya bertugas. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏