Operasi Zebra Se-Indonesia Mulai Dilaksanakan Hari Ini

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Operasi Zebra tahun 2020 serentak dilakukan hari ini Senin (26/10/2020) hingga 8 November 2020, di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di tengah Pandemi Covid-19 atau virus corona.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di seluruh Indonesia akan lebih banyak melakukan tindakan preemtif dan preventif. Hal itu dilakukan guna membangun kesadaran masyarakat dalam berkendara yang aman.

“Operasi Zebra kali ini lebih banyak tentang sosialisasi, dan dikmas lantas atau pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum. Namun, penindakan tentunya tetap ada. Apalagi bagi para pengendara yang membahayakan pengendara lain,” jelas Sambodo, Senin (26/10/2020).

Selanjutnya, Sambodo memaparkan, ada tiga jenis pelanggaran yang jadi sasaran utama, yaitu melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line, dan helm. Sanksi bagi pelanggar nantinya mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. *[ Redaksi SB ] 🙏🙏