PLN: Gratis Listrik 6 Bulan Hanya Untuk UKM Dengan Daya Listrik 450 VA

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Memasuki bulan Mei ini, konsumen terdampak virus corona (Covid-19) kembali mendapatkan stimulus dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupa gratis membayar listrik selama enam bulan. Namun kali ini khusus bagi pelanggan dari usaha kecil menengah (UKM).

Apa saja kategorinya untuk mendapatkan gratis listrik selama enam bulan dari Mei sampai Oktober 2020 tersebut?

Ada dua kategori. Pertama, pelanggan bisnis kecil B1/450VA dan kedua, pelanggan industri kecil I1/450VA.

Adapun bagi pelanggan paskabayar rekening gratis berlaku Mei-Oktober 2020. Sedangkan bagi pelanggan prabayar token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir (Mei-Oktober).

“Keputusan Presiden menunjukkan komitmen besar dan upaya yang konkret dan berkesinambungan untuk melindungi rakyat dari dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, PLN langsung menyiapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA,” jelas Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini, Jumat (1/5/2020).

Keputusan pembebasan tarif tagihan listrik dan pemberian token gratis bagi pelanggan golongan tersebut telah diputuskan oleh Pemerintah melalui Rapat Terbatas pada 29 April 2020 yang lalu.

Sebelumnya, PLN sudah menggratiskan listrik untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA. *[ HY ] 🙏🙏