Ternyata Sarapan Pagi Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

SINARBANTEN.COM, Serang – Ada banyak alasan orang untuk tidak sarapan pagi mulai dari terburu-buru atau tak mau ambil repot, tidak terbiasa, diet, dlsb. Padahal dengan sarapan pagi, banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh.

Berikut Sinar Banten mengutip dari Buku Sarapan Pagi & Produktivitas (2015) oleh DR. dr. Edi Hartoyo, Sp.A (K) dkk., frekuensi makan yang baik adalah dibagi menjadi tiga kali sehari. Oleh sebab itu, sarapan yang dilakukan pada pukul 06.00 -08.00 WIB hendaknya jangan pernah ditinggalkan.

Edi Hartoyo dkk. menuliskan, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh seseorang dari sarapan, yaitu:

1. Menjaga ketahanan fisik

Bagi orang dewasa, sarapan bisa memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja.

2. Meningkatkan konsentrasi belajar

Bagi anak sekolah, sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran sehingga prestasi belajar kemungkinan akan berkembang lebih baik.

3. Menjaga kadar gula darah

Sarapan dapat menyediakan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. Kadar gula darah yang terjamin normal, maka gairah dan konsentrasi kerja bisa lebih baik sehingga berdampak positif untuk meningkatkan produktivitas.

4. Ketersediaan zat gizi

Pada dasarnya sarapan pagi akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh seperti protein, lemak, vitamin dan mineral. Ketersediaan zat gizi itu bermanfaat untuk berfungsinya proses fisiologi dalam tubuh.

5. Menghasilkan energi

Sarapan sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi untuk beraktivitas pada pagi hari. Tubuh manusia yang kurang mengkonsumsi makanan di pagi hari akan terasa lemah, baik dalam melakukan kegiatan fisik maupun dalam berpikir.

6. Menjaga ketersediaan kalori

Sarapan pagi diharapkan dapat menjaga penyediaan kalori untuk dipergunakan 2 jam pertama pada pagi hari sebelum waktunya makan snack idealnya pada pukul 10.00 WIB.

7. Menekan tingkat stres

Menurut penelitian yang dilakukan Chaplin dan Smith tahun 2011, sebanyak 62 persen perawat wanita di Inggris yang rutin sarapan setiap hari rata-rata mempunyai tingkat konsentrasi yang bagus, tingkat stres yang rendah, tingkat kecelakaan rendah, dan produktivitas yang bagus.

8. Meningkatkan kemampuan memori

Para peneliti dari Universitas Florida menemukan, anak-anak dan remaja yang secara teratur sarapan cenderung memiliki profil yang unggul dalam nutrisi dibanding mereka yang tidk sarapan. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association tersebut juga menunjukkan keistimewaan lain dari sarapan, yaitu dapat meningkatkan kemampuan memori, hasil tes, serta tingkat kehadiran sekolah. *[ HGR ] 🙏🙏