Kepdes Harus Gunakan Dana Desa Untuk Kesejahteraan Warganya

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Pada kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Kapasitas Kepala Desa (Kepres) di Pandeglang, Sekertaris Daerah (Sekda) Pandeglang Pery Hasanudin mengingatkan para kepala desa harus mampu meningkatkan kesejahteraan warganya melalui penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Saya mengharapkan setiap kepala desa dapat mengelola Dana Desa untuk pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat setempat. Karena Pemerintah telah menguncurkan dana pembangunan desa melalui ADD maupun DD nilainya cukup besar hingga ratusan miliar rupiah per tahun, “kata Pery, Sabtu (25/1/2020).

“Dana Desa bermanfaat untuk menunjang pemerintahan desa dalam melaksanakan pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, sehingga mampu mengatasi kemiskinan dan kebodohan juga pengangguran, “tambahnya.

Pery melanjutkan, Selama ini, pembangunan desa yang dibiayai Dana Desa di berbagai daerah di Kabupaten Padeglang patut diapresiasi, karena tidak ditemukan penyelewangan anggaran. Sebab, jika mereka mengelola keuangan Dana Desa dikorupsi dipastikan kepala desa akan berhadapan dengan penegak hukum.

Karena itu, pihaknya hingga kini terus melakukan pembinaan kepada kepala desa agar meningkatkan sumber daya manusia (SDM), termasuk di antaranya kegiatan bimtek itu.

“Kami berharap melalui peningkatan SDM ini semua kepala desa mampu membangun desanya dengan baik dan tidak terjadi korupsi. Buat apa kita punya jabatan jika ujungnya dipenjara,” katanya menjelaskan.

Menurut dia, kepala desa yang mengikuti bimtek kapasitas tersebut dapat menerapkan ilmunya yang disampaikan narasumber menjadikan pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Walaupun kultur dan potensi desa itu berbeda-beda, satu tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh sebab itu, 17 kepala desa yang mengikuti kegiatan bimtek kapasitas hendaknya dapat menggali potensi yang ada sebagai pendapatan desa. Bila potensi itu dikelola dengan baik saya yakin masyarakat akan sejahtera,” pungkasnya. *[ MP ] 🙏🙏