Sekolah Haji dan Gerakan Manasik Haji Hadir Di Pandeglang

SINARBANTEN.COM, Pandeglang – Pada Selasa (31/12/2019) bertempat di Wisma Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Mulyajati Pandeglang, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah meluncurkan sekolah haji dan gerakan bimbingan manasik haji sepanjang tahun, dengan tema, “Bersama mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah haji”.

*Sekolah haji bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang manasik haji kepada calon jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci, sehingga mereka sudah memiliki bekal ilmu ibadah. Dengan demikian, diharapkan jemaah haji tidak bergantung kepada orang lain terhadap ustaz dengan kemampuan manasik haji tersebut, “jelas Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Banten H. Machdum Bactiar, Selasa (31/12/2019).

Kemudian Bactiar melanjutkan, sekolah haji tersebut merupakan program Kemenag Pusat. Kami ingin jemaah dapat belajar manasik haji. Kami informasikan manasik haji kepada masyarakat, Penyelenggara Ibadah Haji (PIH). Lewat sekolah-sekolah, madrasah agar mereka sama-sama memberikan pengetahuan tentang manasik haji.

“Diharapkan dengan adanya manasik haji sepanjang tahun tersebut, calon jemaah bisa lebih mempersiapkan diri sebelum berangkat ibadah. Karena tujuan menunaikan ibadah haji tersebut beribadah bukan untuk wisata religi. Pergi ke Tanah Suci itu untuk beribadah sehingga niat dari awal untuk beribadah bukan wisata religi, “ungkapnya.

Masih kata Bactiar, harapan kami jemaah lebih memahami esensi haji tersebut yakni beribadah bukan untuk melakukan wisata religi dan swafoto. Selain itu, manasik haji sepanjang tahun tersebut merupakan untuk memberikan pendampingan manasik kepada calon jemaah yakni dengan membekali dengan pengetahuan haji secara optimal. *[ AA ] 🙏🙏