Alumni SMAK Penabur Cirebon Berhasil Menjadi Juara The Voice Of Germany

SINARBANTEN.COM, Cirebon – Indonesia umumnya, dan khususnya sekolah SMAK Penabur Cirebon pantas berbangga hati karena salah satu alumninya, Claudia Emmanuela Santoso, berhasil membanggakan Tanah Air di pentas musik dunia.

Claudia yang selama ini dikenal sebagai gadis asal Cirebon berhasil menjuarai The Voice Jerman tahun ini. Acara itu digelar pada 10 November 2019 waktu setempat.

Claudia akhirnya dinobatkan sebagai juara The Voice of Germany setelah berhasil mendapatkan total voting 46,39%. Sementara itu posisi kedua ditempati oleh Erwin Kintop dengan total voting 17,36%.

PERNAH GAGAL DI AJANG PENCARIAN BAKAT

Sebelum menjuarai The Voice Jerman, Claudia pernah mengikuti ajang pencarian bakat serupa di Indonesia. Sayangnya, perjuangan Claudia di ajang-ajang tersebut selalu kandas.

Claudia pernah mengikuti ajang Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior, tapi usahanya saat itu belum berbuah hasil. Pada tahun 2011 ia mengikuti ajang Idola Cilik, tapi gagal setelah berhasil menembus 20 besar.

Selain itu, pada tahun 2014 Claudia mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia. Sayangnya usaha Claudia harus terhenti di babak 11 besar.

PERNAH DIKRITIK SAIPUL JAMIL

Saat mengikuti ajang pencarian bakat di salah satu televisi swasta,
Mamamia, Claudia sempat membawakan lagu ‘Mencintaimu Sampai Mati’ dari Utopia.

Tetapi penampilan Claudia ternyata tidak mendapat respons baik dari salah satu jurinya, Saipul Jamil. Bang Ipul, begitu ia disapa, melontarkan kritik kepadanya.

“Kalau kamu merasakan makan es batu yang keras, kaku, dingin, linu, sama perasaan saya waktu denger suara kamu. Kaku, linu, keras,” katanya yang dikutip dari sebuah video di channel YouTube The Grreat XR.

Bukan cuma suara, Bang Ipul juga memberikan penilaian terhadap penampilan Claudia. Ia menyebut aksi gadis asal Cirebon itu terlalu kaku.

“Walaupun kamu berusaha untuk mencairkan dengan gaya kamu, apalagi gaya kamu juga terlalu kaku. Aduh..” komentarnya.

DARI KEGAGALAN MENUJU KEMENANGAN

Akhirnya, di babak pamungkas Voice of Germany, Claudia sempat berduet dengan Freya Riding membawakan lagu ‘Castles. Kemudian berduet juga dengan Alice Merton, juri sekaligus pencipta single milik Audi berjudul ‘Goodbye’.

Selain berduet, Claudia juga tampil solo membawakan lagu ‘I Have Nothing’ dari Whitney Houston. “Lagu yang dibuat langsung oleh Alice Merton itu (Goodbye) menceritakan perjalanan hidup Claudia, yang harus berpisah dengan orang tuanya untuk mengejar cita-cita,” katanya.

Alhasil, Claudia berhasil menjadi juara The Voice of Germany setelah meraih poin sebesar 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua ada Erwin Kintop dengan nilai 17,36 persen. *[ SM ] ??