Didepak Dari PKS, Anis Matta Resmi Dirikan Partai Gelora

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Setelah didepak dari Partai Keadilan dan Sejahtera (PKS), akhirnya Anis Matta resmi mendirikan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Anis Matta sendiri menjabat sebagai Ketua Umum Gelora. Ketika Sinar Banten bertanya tentang ideologi yang diusung Gelora, Anis Matta menyatakan, partai baru yang dinahkodainya mengusung ideologi Islam nasionalis. Pedomannya tetap Pancasila dan terbuka untuk seluruh komponen masyarakat Indonesia.

“Gelora akan menjadi partai yang terbuka artinya, untuk seluruh rakyat Indonesia. Azasnya adalah Pancasila, jati diri tetap Islam dan kita ingin hentikan seluruh perdebatan polarisasi Islam dengan nasionalis,” kata Anis Matta saat jumpa pers di Jakarta Selatan, Selasa (11/11/2019).

Mengenai target pemilih, Anis menjawab, target suara Partai Gelora tidak tersekat pada kalangan tertentu saja, misalnya Islam. Tetapi voters Partai Gelora adalah seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

“Saya ingin Partai Gelora ini menjadi titik temu seluruh komponen bangsa dari aliran yang beda-beda. Jadi ini seperti sungai saya ingin buat bangsa ini seluruhnya dengan semua komponennya mengalir di situ,” ucap Anis.

Anis juga tak menampik, tak sedikit kader dari PKS yang berpindah ke Partai Gelora. Namun, sebagian besar anggotanya berasal dari organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi).

Kendati demikian, Anis pun tak menampik jika sebagian besar anggota Partai Gelora merupakan barisan sakit hati dari PKS. Namun ia memastikan Partai Gelora tak akan bekerja atas landasan sakit hati. *[ AA ] ??