Tips Cara Memasak Mi Instan Agar Jadi Makanan Sehat

SINARBANTEN.COM, Serang – Siapa yang belum pernah makan mi instan? Tentu semua orang di muka bumi ini pernah mengkonsumsinya. Rasanya yang beragam membuat kita tak pernah bosan untuk melahapnya.

Namun, mi instan mengandung lemak, kalori, natrium dan sulit dicerna oleh tubuh. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke atau diabetes.

Akibat banyaknya masalah yang ditimbulkannya, maka para ahli menyarankan untuk menghindari makan mi instan.

Bila kita tahu rahasia memasak mi instan yang benar, tentu tak akan mendatangkan masalah. Bagaimana cara mengolah mi instan dengan cara sehat?

Berikut Tips yang dirangkum Tim Sinar Banten dari berbagai sumber agar mi instan yang kita konsumsi lebih sehat.

BUANG BUMBUNYA

Jumlah natrium dalam bumbu mi instan setara dnegan setengah sendok teh garam. Jumlah tersebut setara dengan 63% dari dosis garam harian. Padahal, konsumsi garam yang terlalu tinggi bisa merusak ginjal kita. Saat garam yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, ginjal akan bekerja terlalu keras agar tingkat natrium dalam tubuh kita tetap normal.

Saat tingkat natrium dalam tubuh terlalu tinggi, maka zat tersebut akan merembes ke aliran darah dan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga tekanan darah naik.

Gantilah bumbu-bumbu tersebut dengan rempah-rempah seperti cabai, kecap ikat atau miso. Semakin sedikit bumbu mi instan yang kita gunakan, maka akan semakin baik.

TAMBAHKAN SAYURAN

Sayuran mengandung nutrisi penting untuk tubuh kita. Menambahkan sayuran ke dalam mi instan juga membuat rasanya lebih nikmat. Berikut sayuran yang bisa kita tambahkan ke dalam mi instan:

  • Sawi: memiliki daun yang bertekstur besar dan menyerap kuah dengan baik dan juga memberikan rasa yang enak.
  • Selada air: mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat, tapi pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  • Bawang bombay yang diiris halus: ini adalah bahan yang baik untuk dicampurkan ke dalam mi dan pastikan untuk menahan air mata Anda.
  • Daun bawang: ini juga baik untuk campuran mi Anda.
    Snap peas: ini memiliki bentuk yang mirip dengan edamame di restoran Jepang.

TAMBAHKAN TELUR

Selain sebagai sumber protein, telur juga mempunyai banyak kandungan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

Karena kandungan gizi yang banyak dimiliki telur inilah, telur banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan menambahkan telur ke dalam mi, kita bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut. *[ HGR ] 🙏🙏