Mobil Esemka Murni Buatan Indonesia, Tapi Bukan Mobil Nasional

SINARBANTEN.COM, Jakarta – Adanya isu mobil Esemka akan dijadikan mobil nasional membuat Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy Wirajaya angkat bicara saat acara peluncuran mobil dan fasilitas produksi Esemka di PT Solo Manufaktur Kreasi, Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

“Esemka murni perusahaan swasta. Kami adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki swasta dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini. Lebih tepatnya mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri,” kata Eddy.

Harapan Eddy di masa depan perusahaannya bisa merintis industri otomotif nasional. Selain itu, ia berharap anak-anak lulusan SMK diberdayakan. “Kita mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dalam industri ini. Kami berharap dengan diresmikannya fasilitas ini bisa merintis industri otomotif nasional sekaligus langkah maju dalam rangka meningkatkan SDM yang menjadi SDM unggul dengan pemberdayaan adik-adik SMK yang kami seleksi untuk terlibat dalam proses ini,” ujar Eddy.

“Adik-adik ini adalah anak bangsa yang ingin membuktikan mereka mampu berkarya bagi nusa dan bangsa,” imbuhnya.

Acara peluncuran mobil dan fasilitas produksi Esemka dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menperin Airlangga Hartarto, Menhub Budi Karya Sumadi, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan eks Ketum PKPI AM Hendropriyono. *[ SM ] 🙏🙏