Memberamo Raya, Papua Diguncang Gempa Magnitudo 6,1

SINARBANTEN.COM, Papua – Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 6,1 dilaporkan baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Memberamo Raya, Provinsi Papua pukul 08.05 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=6,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,67 LS dan 138,76 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 85 km arah tenggara Kota Burmeso, Kabupaten Memberamo Raya, pada kedalaman 10 km.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Memberamo Raya ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sistem Sesar Yapen,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui pesan tertulis yang diterima Sinar Banten, Senin (24/6/2019) pagi.

Menurut dia, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan hingga di Kabupaten Sarmi, Jayapura dan Wamena.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, hingga pukul 08.50 WIB, Hasil monitoring BMKG sudah ada tiga aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M=4,7 , M=5,1 dan M=4,4.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. *[ AhS ] ??

Sumber : http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.