TPA Pandeglang Belum Bisa Olah Sampah Jadi Barang Bermanfaat

SINARBANTEN.COM, Pandeglang -Kabupaten Pandeglang sudah lama memiliki pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kampung Kepuh, Desa Bangkonol, Kecamatan Koroncong. Tetapi di lokasi TPA yang mempunyai luas 6 hektare ini tidak ada aktivitas pengolahan sampah, baik pemilahan sampah maupun pengolahan sampah menjadi barang yang bermanfaat.

Kepala UPT TPA Desa Bangkonol Nandar Rohendar menuturkan, pengelolaan sampah di TPA tersebut hanya dilakukan penataan dan pemadatan saja. “Kalau untuk teknis pengelolaan sampah di sini mah hanya pendorongan dan pemadatan saja,” kata Kepala UPT TPA Desa Bangkonol Nandar Rohendar kepada Kabar Banten, Sabtu (22/6/2019).

Volume sampah di TPA ini, ungkap Nandar, setiap hari terus meningkat. Sampah tersebut berasal dari pasar dan permukiman warga yang ada di enam kecamatan di Kabupaten Pandeglang.

Meski demikian, Nandar mendapatkan perintah untuk menyiapkan lahan di sekitar TPA Bangkonol untuk diproyeksikan pembangunan rumah kompos. Menurut Nandar, pada tahun 2019 ini akan dibangun rumah pengelolaan sampah organik yang diolah menjadi pupuk kompos.

Secara terus terang, Nandar mengakui bahwa hingga kini pengelolaan sampah di Pandeglang belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Untuk tahun ini sedang menyiapkan lahan untuk mengelola sampah organik untuk diubah menjadi pupuk kompos dan untuk lahannya sudah siap. *[ AhS ] ??