Kekurangan 500 Dokter, Pembukaan FK Untirta Serang Dapat Dana Rp200 Milliar

SINARBANTEN.COM, Serang – Rencana Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Serang akan membuka fakultas kedokteran disambut baik oleh Pemprov Banten dengan mengelontorkan dana Rp 100 miliar.

Gubernur Banten Wahidin Halim  menyatakansaat ini Banten mengalami kekurangan tenaga medis khususnya dokter hingga 500 orang. Kendati setiap tahun pemprov membuka seleksi CASN untuk formasi dokter khususnya dokter spesialis.

Namun jumlahnya belum dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Pemprov mendukung dan akan memberi bantuan dana hingga Rp 100 miliar kepada Untirta untuk Fakultaa Kedokteran.

“Kalau butuh anggaran operasional, akan kami gelontorkan Rp 50 miliar kalau perlu Rp 100 miliar. Selain itu ada beasiswanya juga,”kata WH bersemangat di acara stadium general dan penyerahan keputusan Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran, di ruang Auditorium gedung B Kampus Untirta, Pakupatan, Kota Serang, Jumat (10/5/2019).

Wahidin mengaku sangat antusias dengan diberikannya SK Menristekdikti tentang izin pembukaan program studi kedokteran di Untirta. Karena selain dikarenakan Banten sangat membutuhkan tenaga kedokteran, kehadiran fakultas ini juga sebagai pelengkap dari sekian banyaknya fakultas di Untirta.

“Selain dapat beasiswa, nanti lulusannya bisa diangkat menjadi PNS Pemprov Banten sebagai bentuk kerjasama antara Pemprov dengan Untirta, asalkan usianya tidak lebih dari 35 tahun. Tapi kalau memungkinkan, khusus untuk dokter spesialis ini kita usulkan bisa diatas 36 tahun,”ujarnya.

Wahidin juga menanggapi positif apa yang telah dilakukan selama ini oleh kampus Untirta dibawah kepemimpinan Soleh Hidayat selaku rektor yang beberapa bulan lagi habis masa jabatannya.

“Pak rektor datang ke saya untuk meminta bantuan konkret terkait pembangunan FK, ya saya siap sepenuhnya meningkatkan anggaran untuk pembangunan FK ini, terutama di tahun depan,” ungkapnya.

Gubernur Banten dan Rektor Untirta sama sama berharap hadirnya Fakultas Kedokteran ini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Banten. Karena, kesehatan di Banten masih banyak menghadapi hambatan dan tantangan maka dengan hadirnya Fakulta Kedokteran di Banten akan membantu mengurangi hambatan dan tantangan tersebut.

Rektor Untirta Soleh Hidayat mengapresiasi sekaligus menyampaikan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur atas komitmennya membangun Banten terutama dalam proses perizinan Fakuktas Kedokteran Untirta tersebut. Karena menurut Soleh, pemprov ikut berperan penting dalam proses hingga keluarnya izin. *[ ZT ] ??