Wujud Penerapan Pancasila, Pemkot Tangerang Bentuk Kampung Tematik

SINARBANTEN.COM, Tangerang – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia memberikan apresiasi terhadap pembentukan Kampung Tematik di Kota Tangerang.

Kepala BPIP Prof. Hariyono saat mengunjungi Kampung Tematik di wilayah Karawaci menjelaskan, pembentukan kampung tematik adalah bukti dari masyarakat telah menerapkan pancasila karena sesuai bunyi dan makna setiap sila.

“Misalnya saja sila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan banyaknya agama yang dianut disetiap kampung, namun masyarakat bisa toleransi serta menghargai satu sama lain,” ungkapnya.

Tambah Hariyono, masyarakat juga terlihat sangat mandiri untuk memajukan kampungnya. BPIP melihat ada peluang untuk melakukan kerjasama untuk memakmurkan masyarakat, tentunya hal tersebut juga sesuai pancasila sila kelima. “Maka peluang tersebut akan segera kami implementasikan di kampung-kampung ini” ujarnya.

Di wilayah Kecamatan Karawaci, sudah ada tiga kampung Tematik yakni Kampung Hidroponik di Kelurahan Cimone, Kampung Grenpul Kelurahan Gerendeng dan Kampung Markisa Kelurahan Pasar Baru.

Kepala Kesbangpol Kota Tangerang Temmy Mulyadi mengungkapkan, kedepannya kerjasama antara BPIP dan Pemerintah Kota Tangerang melalui Kesbangpol akan segera ditindak lanjuti.

Tentunya hal tersebut untuk penerapan pancasila yang lebih baik di masyarakat. “Untuk programnya akan segera disusun, yang pasti bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Temmy.

Kampung Tematik merupakan satu di antara inovasi Pemerintah Kota Tangerang untuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar.

Utamanya pada peningkatan kualitas lingkungan rumah tinggal warga miskin dan prasarana dasar permukiman. *[ HGR ] ??