Gratis 1 Bulan, Bus Trans Cilegon Diresmikan Awal Pebruari 2019

SINARBANTEN.COM, Cilegon – Untuk menanggulangi masalah transportasi, Pemkot Cilegon bakal segera mengoperasikan Bus Trans Cilegon Mandiri (TCM) sebagai angkutan massal. Rencananya angkutan umum itu bakal resmi dioperasikan pada awal Februari 2019.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Andi Affandi mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan peresmian dari Bus Trans Cilegon. Bus ini, kata Andi, mampu menampung penumpang sebanyak 30 orang.

Adapun jam operasional dari Bus Trans Cilegon ini akan dibagi dua kali, yaitu pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, dan pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk trayek kedua bus ini dimulai dari Terminal Seruni ke wilah Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan melalui Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon.

Untuk awal peresmian Dishub bakal menggratiskan untuk masyarakat selama satu bulan. Namun demikian, sementara ini pihaknya belum bisa memastikan secara detail kapan penerapan tarif untuk penumpang Bus Trans Cilegon ini.

“Soalnya saat ini kita masih harus rampungkan untuk urusan aturan. Dikhawatirkan akan terbentur dengan aturan itu,” katanya, Selasa (29/1/2019).

Sementara untuk anggaran yang digunakan untuk membeli dua unit Bus Trans Cilegon ini, kata dia, mencapai Rp1,3 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Sementara untuk pembangunan shalter mencapai Rp350 juta.

“Diperkirakan APBD yang digunakan untuk membangun shalter serta membeli dua bus ini hampir Rp2 miliar,” terangnya.

Kedepan, lanjutnya, pihaknya akan kembali menambah kendaraan lagi untuk bisa digunakan oleh masyarakat di Kota Cilegon. “Tapi lihat dulu kemampuan anggaran yang ada. Serta seberapa besar anomo dari masyarakat terhadap angkutan massal ini,” ucapnya. *[ ZT ] ??