GOLEK, Ojek Online yang Dikelola Dengan Syariah Islam

SINARBANTEN.COM, Kediri – Satu-satunya ojek online pendatang baru di Indonesia yang dikelola dengan syariah Islam adalah Golek.

Mencoba menggarap ceruk ojek berbasis syariah, ada potensi sukses jika melihat penduduk Indonesia yang mayoritas muslim (facebook). Aplikasi ojek online yang satu ini mirip sama Go-Jek. Namanya pun 11-12. Tapi ada satu perbedaan yang amat kontras, yakni Golek dikelola secara syariah Islam.

Bahkan salah satu syarat jadi driver Golek adalah beragama Islam dan salat berjemaah di masjid lima waktu khusus bagi laki-laki. Lalu ada komitmen salat dhuha minimal seminggu tiga kali, memberi sedekah subuh minimal Rp 2.000, hingga ikut program gratis layanan tiap Jumat.

Kantor Golek berbasis di Jl. Pamenang II/42 Katang, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kab. Kediri. Di situsnya tidak ditemukan area layanannya sampai mana, namun sepertinya susah buat driver yang berbasis di Jakarta dan sekitarnya untuk mengakses kantor pusatnya jika ada masalah.

Layanan yang disediakan meliputi ojek motor, taksi online, kurir, belanja, dan makanan. Ya, mirip dengan Go-Jek.

Buat penumpang, aplikasi ojek online ini bisa menjadi alternatif, terutama yang muslim. Seperti asuransi dan bank, layanan syariahnya jadi poin plus.

Tarif Golek diklaim bersaing dan transparan. Namun tidak disebutkan berapa nominalnya.

Buat driver, Golek juga bisa dipilih karena keunggulan konsep syariahnya. Jumlah driver yang masih sedikit juga bisa memberi peluang untuk memenangi persaingan antar-driver. Selain itu, potongan yang hanya 10 persen tentunya sangat menarik ketimbang Go-Jek dan Grab.

Kelemahan:

Layaknya aplikasi lokal, kelemahan utama Golek adalah area layanan yang belum luas dan jumlah driver yang terbatas. Penumpang bisa jadi kesulitan menemukan driver.

Selain itu, layanan syariahnya juga mau tak mau menjadi pembatas. Sebab, driver perempuan dilarang mengambil order penumpang laki-laki.

Tapi driver laki-laki masih diizinkan ambil order penumpang perempuan selama jumlah driver perempuan belum proporsional. Pengguna iPhone pun belum bisa menggunakannya karena aplikasi ini baru tersedia di Google Play alias Android. *[ MP ] ??