Yayasan DST Gelar Seminar Tentang Kesehatan Jiwa

SINARBANTEN.COM, Serang – Hingga kini masih banyak ditemui kasus pemasungan terhadap pengidap gangguan kejiwaan di Kabupaten/kota Serang. Oleh karena itu, YAYASAN Dhira Suman Tritoha memberikan seminar untuk mengedukasi masyarakat tentang cara mengobati pasien gangguan jiwa.

“Ini juga sebagai bentuk perkenalan lembaga kami kepada masyarakat luas, khususnya warga,” kata Pengurus Yayasan Dhira Suman Tritoha, Sumbudi Santoso seusai seminar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, di Kampung Cileweung, Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Selasa (11/12/2018).

Ia menjelaskan, kondisi kesehatan mental atau jiwa, seperti depresi, kegelisahan, perubahan suasana hati, dan stres menjadi salah satu permasalahan bagi negara maju saat ini. “Perjalanan hidup yang serba cepat dan penuh tekanan menjadi faktor utama kesehatan jiwa seseorang terganggu,” tuturnya.

Selain mengobati pasien yang mengalami gangguan kesehatan jiwa, yayasan tersebut juga menerima pasien ketergantungan penyalahgunaan obat terlarang. “Kami memiliki pakar pengobatan bagi pencandu narkotika dengan metode konseling,” ucapnya.

Ia bangga, karena yayasan yang dikelolanya merupakan satu-satunya di Banten yang menggunakan metode medis. “Metode ini sebenarnya untuk mengurangi perlakuan masyarakat yang pada umumnya memasung keluarga pasien gangguan kesehatan jiwa,” ujarnya.

Sebagai informasi, Yayasan DST tidak memasang tarif khusus untuk biaya pengobatan. Hanya saja bergantung pada tingkat gangguan kesehatan jiwa. Secsra umum biaya pengobatan sangat terjangkau untuk masyarakat dan tidak ada tarif khusus. *[ AA ] ??