KH MATIN SYARKOWI: PMII Harus Jadi Pelopor Gerakan Intelektual

SINARBANTEN.COM, Serang – Masifnya kaderisasi di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang harus diimbangi dengan gerakan intelektual. Gerakan tersebut, sebagai upaya memperdalam ideologi yang ada pada masing-masing individu kader.

Hal tersebut disampaikan Pendiri PMII Banten, KH Matin Syarkowi saat mengisi Dialog Publik dan Pembukaan Konferensi Cabang VII PMII Kota Serang, di Aula Masjid Raya Albantani, Curug, Kota Serang, Sabtu (1/12/2018).

Ia mengatakan, PMII sebagai organisasi kaderisasi mahasiswa yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama harus menjadi garda terdepan dalam menjaga Indonesia dari keterpurukan akidah, misalnya kader PMII mampu menjadi motor literasi keislaman di kampusnya masing-masing.

Mantan Ketua Cabang PMII Serang tersebut menuturkan, Nahdlatul Ulama tidak mengajarkan gerakan-gerakan jalanan yang memiliki muatan politis. Menurut dia, politik yang dibangun oleh para pendiri NU, adalah politik kebangsaan.

“Jadi, ideologi kami tentu, adalah Ahlusunnah Waljamaah. Ideologi Islam yang tidak mengajarkan perpecahan, Islam yang ramah dan mampu membentengi Indonesia dari ancaman global,” katanya.

Ia berpesan kepada seluruh kader PMII, agar tidak main-main jika sudah memilih PMII sebagai organisasinya. Setiap hari harus memiliki kebermanfaatan untuk diri-sendiri juga untuk orang lain.

Sementara itu, Ketua PMII Kota Serang, Abdul Rahman Ahdori menuturkan, kader PMII memiliki peluang yang sangat besar, untuk belajar dan berkhidmat untuk masyarakat. Menurut dia, ilmu yang diajarkan PMII tidak ada dalan ruangan kelas.

“Saya berharap, kader PMII mampu menjadi pelopor dalam hal gerakan intelektual, seperti yang disampaikan pendiri PMII tadi,” ujarnya.

Diketahui, Konfercab merupakan forum tertinggi di PMII. Dalam acara tersebut, akan dibahas sejumlah persoalan organisasi dan persoalan agama dan bangsa. Puncaknya, adalah pergantian pengurus dari periode 2017-2018 ke periode 2018-2019. Kegiatan tersebut, dihadiri para alumni PMII Kota Serang dan puluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Serang. *[ MP ] ??