Kebakaran 50 Rumah di Kampung Kadugede Akibatkan 62 KK Baduy Mengungsi

SINARBANTEN.COM, Lebak – Kebakaran kembali terjadi di kampung Baduy, Kadugede Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Saija, Kamis (12/9/2019) siang hari

Akibat kebakaran tersebut, sebanyak 50 unit rumah dan beberapa unit bangunan “leuit” atau tempat menyimpan padi hangus hingga rata dengan tanah. Sehingga puluhan masyarakat Suku Baduy mengungsi.

Tetau adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes mengatakan, kami mencatat 62 kepala keluarga mengungsi ke kampung tetangga yang lokasinya berdekatan.

Adapun penyebab kebakaran diduga dari salah satu rumah warga yang lupa mematikan tungku api.

“Mereka masyarakat korban kebakaran tentu kehilangan rumah juga perabotan rumah tangga hingga rata dengan tanah. Kami berharap warga korban kebakaran itu mendapat bantuan untuk kembali membangun tempat tinggal yang kondisinya rata dengan tanah,” jelas

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Madias mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim penanggulangan di kawasan permukiman Badui untuk mendirikan tenda pengungsian.

Selain itu juga menyalurkan bantuan kebutuhan dasar, seperti air kemasan, beras, lauk pauk, minyak goreng, tikar, peralatan dapur dan kebutuhan lainnya.

Masyarakat yang terkena musibah bencana kebakaran tersebut terjadi di Kampung Kadugede kawasan permukiman Badui.

“Kami mengoptimalkan penanganan pascabencana agar tidak terjadi kerawanan pangan dan kelaparan,” katanya. *[ AS ] 🙏🙏